Selasa, 7 Desember 2021 / 2 Jumadil Awwal 1443 H

Internasional

Organisasi Amal Qatar Bantu Ifthar 200 Ribu Muslim Rohingya

sharq.com
Sayyid Ali bin Abdullah as-Suwaidi, Ketua Umum Organisasi Amal Syaikh ‘Ied menegaskan bahwa organisasinya tahun lalu bertekad menambah jumlah warga Muslim yang akan diberi bantuan
Bagikan:

Hidayatullah.com–Guna menjalankan misinya menolong Muslimin  yang tertindas, organisasi Amal Syaikh ‘Ied Qatar memberi bantuan kemanusiaan kepada kaum Muslim Rohingya.

Yayasan Amal Syaikh ‘Ied Qatar mengirim bantuan pada Muslimin Rohingya  baik itu di Myanmar ataupun di luar Myanmar berupa bantuan memberi ifthar (buka puasa) bagi  200 ribu orang yang berpuasa selama Ramadhan dengan dana mencapai 2 juta riyal.

Sayyid Ali bin Abdullah as-Suwaidi, Ketua Umum Organisasi Amal Syaikh ‘Ied menegaskan bahwa organisasinya tahun lalu bertekad menambah jumlah warga Muslim yang akan diberi bantuan, dimana pada tahun lalu sebanyak  70 ribu Muslim yang berpuasa telah mendapat bantuan ifthar.

Organisasi Amal ‘Ied telah menggelontorkan dana lebih dari 14 juta riyal untuk membantu umat Muslim Myanmar di saat penindasan kepada mereka semakin menjadi-jadi.

Bantuan disalurkan dalam bentuk makanan, kasur, dan kebutuhan-kebutuhan musiman serta pengobatan.

Total bantuan sebanyak 8 juta riyal berupa makanan, 3 juta riyal berupa kasur, pakaian dan alat-alat kebersihan.

Bantuan lainnya berupa bantuan medis yang mencapai nominal setengah juta riyal, sedangan bantuan kebutuhan musiman untuk ‘Idul Adha dan ‘Idul Fitri mencapai 3 juta riyal.

“Kami telah berhasil memasukkan bantuan dan bahan-bahan pangan ke dalam Myanmar di mana bantuan untuk Muslim Myanmar dan masyarakat Arakan memasuki Burma yang pada saat itu sedang menghadapi kekurangan bahan pangan dan tingginya kenaikan harga barang. Kondisi tersebut menyusahkan kebanyakan  umat Muslim Myanmar dalam membelinya, melihat mereka terdiri dari orang-orang fakir miskin dan membutuhkan, disebabkan penindasan dan musibah kemanusiaan yang mereka hadapi berupa pengusiran, pembasmian, dan pengisolasian dalam setiap urusan dan sosial. Ditambah lagi mereka tidak mampu menghasilkan bahan-bahan pangan sendiri. Kondisi itulah yang menyebabkan kebanyakan Muslim di sana kesusahan menjaga tenaga mereka sehari-hari,” ujar As-Suwaidi dikutip laman sharq.com, Ahad (31/05/2015).

Kaum Muslim Burma dan Rohingnya di perbatasan Bangladesh, mengungkapkan kegembiraan mereka yang tak terkira atas apa yang telah diberikan oleh masyarakat Qatar dan organisasi Amal ‘Ied.

“Kami berterimakasih kepada masyarakat Qatar atas peran mereka dalam musibah kami dan usaha mereka yang terus-menerus dalam membantu kaum Muslimin di berbagai penjuru dunia dan peranannya dalam setiap krisis kaum Muslimin,” ujar salah satu warga.*/Auliya’ El Haq

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Syeikh Al Qaradhawi: Membela Baitul Maqdis Adalah Urusan Umat Islam

Syeikh Al Qaradhawi: Membela Baitul Maqdis Adalah Urusan Umat Islam

Pemimpin Hamas Dilarang Haji Lewat Mesir

Pemimpin Hamas Dilarang Haji Lewat Mesir

Pilpres Penuh Kecurangan, Ashraf Ghani Dinyatakan Sebagai Presiden Afghanistan

Pilpres Penuh Kecurangan, Ashraf Ghani Dinyatakan Sebagai Presiden Afghanistan

Turki Dituduh ‘Mendeportasi’ Muslim Uighur Melalui Negara Ketiga

Turki Dituduh ‘Mendeportasi’ Muslim Uighur Melalui Negara Ketiga

Setelah 20 Tahun Bangladesh Akhirnya Bekuk Tersangka Pembunuh 70 Macan Bengal

Setelah 20 Tahun Bangladesh Akhirnya Bekuk Tersangka Pembunuh 70 Macan Bengal

Baca Juga

Berita Lainnya