Senin, 29 Maret 2021 / 15 Sya'ban 1442 H

Internasional

Teriak “Saya Mahdi” Jamaah Umrah asal Yaman Merusak Pagar Kaca di Bukit Safa

Seorang jamaah umrah asal Yaman memecah pembatas kaca, lalu berlari menaiki Bukit Safa.
Bagikan:

Hidayatullah.com—Seorang jamaah umrah terekam kamera memecahkan pagar kaca di Bukit Safa, di kota suci Makkah hari Rabu lalu, lapor Arab News Senin (11/5/2015).

Dalam rekaman video yang beredar di internet lewat media sosial itu nampak seorang laki-laki tiba-tiba mengamuk, memecahkan pagar pembatas yang terbuat dari kaca dengan sebuah kursi kecil –yang tersedia di Masjidil Haram untuk jamaah manula, lalu berlari ke atas Bukit Safa sambil berteriak-teriak “Saya Mahdi.”

Juru bicara media Kepolisian Makkah mengatakan bahwa berdasarkan pemeriksaan awal atas kejadian itu, diketahui pria tersebut adalah seorang warganegara Yaman dan tinggal di kota Makkah. Orang itu sepertinya menderita gangguan kejiwaan.

“Penyelidikan lebih lanjut sedang dilakukan dan sekarang masih terlalu dini untuk memberikan keterangan lebih lanjut,” kata juru bicara polisi itu.

Sejumlah orang mengutuk tindakan jamaah umrah asal Yaman tersebut, sementara penduduk lokal yang menyaksikan kejadian itu mengkritik ketidakhadiran petugas keamanan di sekitar lokasi.

“Saya melihat video ini di media sosial. Sangat mengejutkan dan tindakan itu patut dikecam keras. Pemerintah telah menghabiskan banyak uang dan mengerahkan segala kemampuannya untuk menjaga dan membangun Dua Masjid Suci ini. Tetapi orang-orang semacam itu tidak peduli dengan hal tersebut (kerja keras pemerintah, red). Dan parahnya, pria itu sedang berpakaian ihram,” kata warga bernama Abdulaziz Khalq.

“Bagaimana bisa pria itu dibiarkan menggangu kedamaian di [Masjidil] Haram dan mengganggu orang-orang yang sedang melakukan umrah pada saat itu? Jika dia gila, bagaimana bisa keluarganya membiarkan laki-laki itu pergi sendirian. Anggota keluarganya harus diperiksa juga,” kata seorang warga bernama Ibrahim.*

Rep: Ama Farah
Editor: Dija

Bagikan:

Berita Terkait

Israel Akan Kehilangan Miliaran Dolar

Israel Akan Kehilangan Miliaran Dolar

Israel Mendapat Hak Minyak dari Iraq

Israel Mendapat Hak Minyak dari Iraq

Filipina Setujui Perjanjian Damai dengan Muslim Moro

Filipina Setujui Perjanjian Damai dengan Muslim Moro

Syeikh Al-Azhar dan Mufti Mesir Ucapkan Selamat pada Paus Koptik

Syeikh Al-Azhar dan Mufti Mesir Ucapkan Selamat pada Paus Koptik

7 Tewas dalam Protes atas “Pembakaran” al-Quran

7 Tewas dalam Protes atas “Pembakaran” al-Quran

Baca Juga

Berita Lainnya