Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Markaz Inayah dan PPMI Madinah Adakan Umroh Gratis Mahasiswa Baru UIM

Bagikan:

Hidayatullah.com- Markaz Inayah bekerja sama dengan Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) cabang Madinah mengadakan rihlah Umroh Perdana ke Kota suci Makkah untuk 158 Mahasiswa baru Indonesia di Universitas Islam Madinah (UIM), Arab Saudi, minggu lalu.

“Rihlah Umroh ini adalah bagian dari kegiatan Markaz Inayah dalam mengayomi masyarakat mahasiswa Indonesia di Arab Saudi, khususnya para Maba UIM tahun 2015. Selain Umroh kami juga memiliki kegiatan lain untuk memberdayakan para mahasiswa,” terang Muhammad Basran Yusuf selaku Penanggungjawab Markaz Inayah di Madinah.

Senada dengan Basran, Ketua PPMI Madinah Sufyan Tsauri juga menjelaskan bahwa kegiatan Umroh bagian dari rangkaian penyambutan Maba tahun ini.

“Umroh kemarin adalah bagian dari kegiatan Masa Ta’aruf (Mataf) mahasiswa baru yang diadakan oleh PPMI Madinah bekerja sama dengan Markaz Inayah selaku sponsor. Kami ingin Mataf ini memadukan aspek emosional, intelektual dan spiritual Maba secara seimbang dalam mengenal kampus UIM lebih dekat,” terang Sufyan Tsauri.

Bagi sebagian besar Maba UIM, Umroh kemarin adalah Umroh pertama dalam hidup mereka.

“Tentu sangat berkesan sekali, ini adalah umroh pertama bagi saya dan hampir seluruh mahasiswa baru. Kami bersyukur kepada Allah kemudian berterima kasih kepada PPMI Madinah dan Markaz Inayah yang telah mengadakan rihlah Umroh ini secara gratis buat kami,” kata Zulfahmi, mahasiswa baru UIM asal Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Pantauan hidayatullah.com, para Maba UIM ditempatkan selama dua malam di hotel bintang empat yang tidak jauh dari Masjidil Haram, Makkah.

Setelah melaksanakan ibadah Umroh, para Maba UIM dibawa mengunjungi tempat-tempat bersejarah di Kota kelahiran Nabi Muhammad –Shallalahu alaihi Wasallam.

Markaz al-Inayah bil Jaliyat al-Indunisia atau lebih dikenal dengan Markaz Inayah adalah lembaga dakwah di bawah naungan Kementerian Wakaf, Dakwah dan Penerangan Islam Arab Saudi yang fokus melayani dakwah Warga Negara Indonesia di Arab Saudi.

Lembaga yang berkantor di Kota Riyadh ini memiliki kegiatan rutin berupa Madrasah Umroh, Madrasah Haji dan Tamkin Dakwah Nusantara.*/Muhammad Dinul Haq, koresponden hidayatullah.com di Madinah

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Keamanan Mesir Tangkap 15 Lagi Anggota Al-Ikhwan Al-Muslimun

Keamanan Mesir Tangkap 15 Lagi Anggota Al-Ikhwan Al-Muslimun

Yahudi Ortodoks Sebut Polisi Israel Nazi

Yahudi Ortodoks Sebut Polisi Israel Nazi

Kriminalitas Naik di Saudi

Kriminalitas Naik di Saudi

Israel Setujui Gencatan Sejata

Israel Setujui Gencatan Sejata

Raja Salman Telpon Erdogan Membahas Hilangnya Jurnalis Jamal Khashoggi

Raja Salman Telpon Erdogan Membahas Hilangnya Jurnalis Jamal Khashoggi

Baca Juga

Berita Lainnya