Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Tikrit Alami Penjarahan Besar-Besaran, PM Iraq Minta Pelaku Ditangkap

Reuters
Kota Tikrit mengalami penjarahan besar-besaran setelah dikuasai pasukan pemerintah dan Syiah awal April 2015.
Bagikan:

Hidayatullah.com—Kota Tikrit mengalami penjarahan besar-besaran setelah tentara pemerintah Baghdad dan pasukan Syiah menguasai kota itu yang sebelumnya diduduki kelompok ISIS/ISIL.

Hari Jumat kemarin Perdana Menteri Haider Al-Abadi meminta pasukan keamanan agar menangkap siapa saja yang melakukan pelanggaran hukum (penjarahan) di Tikrit dan meminta agar aparat menjaga harta benda dan fasilitas yang ada di Provinsi Shalahuddin tersebut.

Para pejabat Muslim (Sunni) setempat mengatakan bahwa elemen dari pasukan keamanan yang nakal dan anggota pasukan paramiliter Syiah membakar rumah-rumah dan mencuri barang-barang dalam hitungan jam, setelah pemerintah Iraq pada hari Rabu lalu menyatakan bahwa pasukan pemerintah telah mengambil alih kota yang berpenduduk Muslim Sunni itu dari tangan kelompok ISIS/ISIL yang menguasainya sejak Juni tahun lalu.

Pimpinan Dewan Provinsi Shalahuddin, Ahmad Al-Karim, mengatakan bahwa anggota paramiliter yang diidentifikasi berasal dari kelompok bersenjata Syiah telah membakar “ratusan rumah” dua hari lalu, lansir Aljazeera Sabtu (3/4/2015).

“Kota kami dibakar di depan mata kami. Kami tidak dapat mengontrol apa yang terjadi,” kata Karim hari Jumat.

Seorang anggota Dewan Provinsi lainnya, Khalid Al-Jassam, mengatakan bahwa pemerintah setempat memintan militan Syiah meninggalkan kota itu dan meminta agar militer dan polisi setempat dan federal yang menjaga kota tersebut.

Anggota parlemen Mutashar Al-Samarrai mengatakan bahwa 400 rumah dan 500 toko telah dibakar sejak hari Kamis.

Kemampuan untuk melindungi daerah-daerah Muslim (Sunni) dari serangan balas dendam dan tindakan kriminal merupakan tantangan bagi pemerintahan PM Abadi, sebab dia yang meminta pasukan militan Syiah untuk membantu pasukan pemerintah melawan ISIS/ISIL di kota itu, tulis Aljazeera.

Pemerintah Iraq menyatakan kemenangannya atas kelompok ISIS/ISIL di Tikrit setelah selama sebulan bertempur di sana bersama tentara dan polisi setempat.*

Rep: Ama Farah
Editor: Dija

Bagikan:

Berita Terkait

Prancis Buru Pengemplang Pajak di Media Sosial

Prancis Buru Pengemplang Pajak di Media Sosial

Islam di Jerman, Setahun Bertambah 4.000

Islam di Jerman, Setahun Bertambah 4.000 Mualaf

Qatar: Kami Tak Akan Mengekstradisi Syeikh Yusuf Al-Qaradhawi

Qatar: Kami Tak Akan Mengekstradisi Syeikh Yusuf Al-Qaradhawi

Pesan Tak Dibalas Lewat App Line, Istri Boleh Cerai dari Suami

Pesan Tak Dibalas Lewat App Line, Istri Boleh Cerai dari Suami

“Panggil Saja Saya Harry,” Kata Cucu Ratu Elizabeth II

“Panggil Saja Saya Harry,” Kata Cucu Ratu Elizabeth II

Baca Juga

Berita Lainnya