Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Orang Tertua di Dunia Asal Jepang Berusia 117 Tahun Meninggal

Jepang mempunyai paling banyak orang berusia di atas 100 atau biasa disebut sebagai centenarian, di dunia
Bagikan:

Hidayatullah.com–Warga Jepang Misao Okawa, perempuan tertua di di dunia telah meninggal dunia hari Rabu (01/04/2015), beberapa minggu setelah merayakan ulang tahunnya yang ke-117.

Misao Okawa meninggal akibat gagal jantung dan berhenti bernapas didampingi oleh keluarga dan staf rumah jompo. Mereka memujinya karena bisa berumur panjang dan hidup sehat, ujar Tomohiro Okada, seorang pejabat di rumah jompo Osaka, tempat Misao tinggal.

“Ia meninggal dengan tenang, seperti tertidur,” kata Okada. “Kami sangat kehilangan,” dikutip Voice of America (VoA).

Okawa, lahir di Osaka pada 5 Maret 1898, dikenal sebagai orang tertua di dunia dan tercatat di Guinness World Records pada tahun 2013.

Ia kehilangan selera makannya sekitar 10 hari yang lalu. Sebelum itu, ia bisa makan dengan baik, menikmati satu cangkir kopi setiap harinya dan makanan kesukaannya, termasuk ramen, kata Okada.

Okawa, anak perempuan seorang pembuat kimono, mengatakan pada perayaan ulang tahunnya kemarin bahwa hidupnya sepertinya pendek. Ketika ditanya rahasia umur panjangnya, ia menjawab dengan sikap acuh, “Saya juga bertanya-tanya.”

Ia menikahi suaminya, Yukio, pada tahun 1919, dan mereka punya dua anak perempuan dan satu anak laki-laki. Ia punya empat cucu dan enam cicit. Suaminya meninggal pada tahun 1931.

Orang tertua di Jepang saat ini adalah seorang perempuan yang tinggal di Tokyo dan berusia 115 tahun, menurut Departemen Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan. Nama perempuan yang lahir pada 15 Maret 1900 itu tidak disebutkan atas permintaan keluarga.

Jepang mempunyai paling banyak orang berusia di atas 100 atau biasa disebut sebagai centenarian, di dunia, dengan lebih dari 58000 orang, menurut pemerintah. Sekitar 87 persen dari mereka adalah perempuan.*

 

Rep: Panji Islam
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Pusat Islam di New York Dibuka

Pusat Islam di New York Dibuka

Dubes RI Buka Moscow Halal Expo 2010

Dubes RI Buka Moscow Halal Expo 2010

Ke Meksiko, Paus Disambut Buku Pencabulan Anak

Ke Meksiko, Paus Disambut Buku Pencabulan Anak

Raja Salman: Kita Bela Negara Muslim dan Menolak Campur Tangan Urusan Kita

Raja Salman: Kita Bela Negara Muslim dan Menolak Campur Tangan Urusan Kita

Belgia Suntik Mati Pasien Anak yang Sakit Parah

Belgia Suntik Mati Pasien Anak yang Sakit Parah

Baca Juga

Berita Lainnya