Selasa, 23 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Senator Beken Amerika Dijerat 14 Dakwaan Korupsi

Menendez bersama Pangeran Charles.
Bagikan:

Hidayatullah.com—Seorang senator ternama Amerika Serikat, Bob Menendez, telah dijerat dengan 14 dakwaan korupsi.

Politisi Partai Demokrat asal New Jersey itu dituduh menggunakan pengaruhnya guna menguntungkan secara ilegal seorang dokter mata di Florida, yang diakuinya sebagai seorang teman lama.

Pada sebuah konferensi pers, dia mengatakan “murka” dengan dakwaan-dakwaan tersebut dan menyatakan tuduhan itu salah.

Keempat belas dakwaan atas dirinya itu termasuk konspirasi dan membuat pernyataan palsu, serta 8 dakwaan suap, lapor BBC hari Kamis (2/4//2015).

Menendez telah mengundurkan diri sebagai pimpinan Komite Hubungan Luar Negeri Partai Demokrat, tetapi dia bersumpah “tidak akan bisa dibungkam” ketika melawan semua tuduhan tersebut.

Koran terbesar di New Jersey, Star and Ledger, menyeru agar dia turun dari kursinya di Senat.

Tahun-tahun belakangan, senator ini menjadi pengkritik vokal kebijakan-kebijakan Presiden Obama berkaitan dengan Iran dan Kuba.

Menendez dipandang sebagai salah satu wakil rakyat Amerika keturunan Hispanik di Kongres yang paling berpengaruh. Dia juga adalah politisi yang mengusulkan legislasi tentang pemberian sanksi lebih ketat untuk Iran.

Penyelidikan atas dirinya bermula di tahun 2013, ketika pihak berwenang federal menggeledah kantor Dr. Salomon Melgan, yang juga menjadi terdakwa.

Penyelidikan difokuskan soal apakah Menendez memanfaatkan jabatannya demi kepentingan Dr. Melgan dengan cara mengintervensi perselisihan tagihan Medicare (asuransi kesehatan).

Melgan semakin disorot tahun lalu, ketika data pemerintah menunjukkan bahwa dia telah menerima uang lebih banyak dari Medicare untuk reimbursemen tahun 2012 dibandingkan dokter-dokter lain seantero Amerika.

Melgan juga memberika donasi kampanye dalam jumlah besar untuk Menendez.

“Kami menikmati liburan bersama,” kata Melgan suatu waktu kepada para wartawan seperti dikutip BBC. “Kami bersama-sama menghadiri pernikahan keluarga dan bersama di masa sedih seperti acara pemakaman, dan kami seling memberika kado saat ulang tahun, liburan, serta kado-kado pernikahan, seperti yang biasa dilakukan sesama teman.”

Menendez mengaku dirinya beberapa kali melakukan perjalanan ke Republik Dominika dengan menggunakan pesawat jet pribadi Melgan, yang awalnya tidak dibayarnya. Pada tahun 2013, dia membayar Melgan untuk dua penerbangan.

Kemudian, kantor Menedez mengakui adanya penerbangan lain dengan pesawat jet pribadi itu, dari Florida ke New Jersey tahun 2011, dan mengatakan bahwa Menendez telah membayar Melgan untuk itu.

Menendez yang kini berusia 61 tahun telah menjadi senator sejak 2006, dan sebelumnya menjadi anggota Kongres lebih dari sepuluh tahun.*

Rep: Ama Farah
Editor: Dija

Bagikan:

Berita Terkait

Laporan Terorisme Selandia Baru Akan ‘Diredam’ selama 30 Tahun

Laporan Terorisme Selandia Baru Akan ‘Diredam’ selama 30 Tahun

PM Cameron Mundur dari Pelindung Pendanaan Yahudi

PM Cameron Mundur dari Pelindung Pendanaan Yahudi

Iran Diguncang Demontrasi Anti Pemerintah dan Anti Mullah

Iran Diguncang Demontrasi Anti Pemerintah dan Anti Mullah

Saingi Putin, Jurnalis Muslimah Daftarkan Diri Sebagai Capres

Saingi Putin, Jurnalis Muslimah Daftarkan Diri Sebagai Capres

30 LSM Internasional Minta Investigasi Kekerasan di Mesir

30 LSM Internasional Minta Investigasi Kekerasan di Mesir

Baca Juga

Berita Lainnya