Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Mantan Panglima Militer Thailand: Islam Bukan Ancaman Kedamaian

Jenderal (Purnawirawan) Surayud Chulanont
Bagikan:

Hidayatullah.com–Mantan panglima militer Thailand, Jenderal (Purnawirawan) Surayud Chulanont mengatakan Islam bukan ancaman terhadap kedamaian dan keamanan.

Oleh karena itu  ia mengajak semua pihak mengamalkan konsep kesederhanaan guna membawa masyarakat ke arah kedamaian, demikain disampaikan Surayud saat membuka Konferensi Studi Islam Internasional ke-3 kemarin.

Konferensi bertajuk ‘Nilai-Nilai Islam Dalam Dunia Yang Semakin Berubah’ itu diadakan di Prince of Songkla University, Kampus Pattani (PSU Pattani) selama tiga hari, yang dihadiri 500 peserta dari 25 negara.

“Kita dapat membangun pemahaman tentang konsep wasatiyyah pada era perubahan termasuk HAM kelompok minoritas dalam masyarakat,” ujarnya dikutip Bernama.

Ini semua membutuhkan kerjasama antara lembaga pendidikan, intelektual, akademisi serta LSM untuk menyelesaikan masalah yang dialami dalam masyarakat kini, ujar Surayud.

Dia berharap konferensi kali ini akan menyajikan pembahasan dan mengambil pengalaman tentang penerapan nilai Islam yang dipraktekkan masyarakat Islam dan bukan Islam yang berbeda di seluruh dunia untuk menciptakan kedamaian dan persatuan.

Konferensi kali merupakan tindak lanjut dari dua konferensi sebelumnya yaitu pada 2010 yang bertajuk ‘Peran Pengkajian Islam dalam Pasca-globalisasi’ dan kedua pada 2013, ‘Studi Islam Dalam Dunia Yang Semakin Berubah: Tantangan dan Peluang’.

Menurut Departemen Urusan Agama (RAD), 90 persen Muslim Thailand adalah Sunni. Selain merupakan warga Thailand asli, Muslim Thailand berasal dari beragam imigran; China, Pakistan, Kamboja, Bangladesh, Malaysia, dan Indonesia. Diperkirakan ada lebih 3000 masjid di Thailand dan terbanyak berada di Provinsi Pattani.*

Rep: Panji Islam
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Cegah Tentara Bayaran, Ukraina Larang Pria Rusia Masuk Wilayahnya

Cegah Tentara Bayaran, Ukraina Larang Pria Rusia Masuk Wilayahnya

Iran Stop Sementara Rusia  Gunakan Pangkalan Militernya untuk Serang Suriah

Iran Stop Sementara Rusia Gunakan Pangkalan Militernya untuk Serang Suriah

10 Negara Arab Tak Selenggarakan Pemilu Suriah

10 Negara Arab Tak Selenggarakan Pemilu Suriah

WHO Eropa: Jumlah Kematian Harian Covid-19 Akan Terus Bertambah

WHO Eropa: Jumlah Kematian Harian Covid-19 Akan Terus Bertambah

Kepolisian Victoria Izinkan Polwan Berhijab Sejak 2004

Kepolisian Victoria Izinkan Polwan Berhijab Sejak 2004

Baca Juga

Berita Lainnya