Jum'at, 28 Januari 2022 / 24 Jumadil Akhir 1443 H

Internasional

Kepala Sekolah Elit di Sydney Minta Maaf Atas Pelecehan Seks terhadap Siswa

Para orang tua meletakan pita ungu di gerbang sekolah Knox Grammar, setelah terungkapnya sejumlah kasus pelecehan seks terhadap para siswa. Insert: Ian Paterson.
Bagikan:

Hidayatullah.com–Pelecehan seksual di sekolah terkenal juga terjadi di Australia dalam beberapa tahun. Akibat peristiwa itu, seorang mantan kepala sekolah di sekolah swasta paling bergengsi di Sydney itu, meminta maaf Selasa (3/3/2015), setelah terungkapnya beberapa anak laki-laki mengalami pelecehan oleh guru pedofil ketika ia menjabat.

Sekolah bernama Knox Grammar yang mantan muridnya termasuk mendiang mantan Perdana Menteri Gough Whitlam dan bintang Hollywood Hugh Jackman, telah menjadi perhatian dalam beberapa hari terakhir atas dilakukannya penyelidikan terhadap lembaga itu terkait pelecehan terhadap anak-anak.

Komisi Kerajaan telah mendengar klaim terdapatnya gangguan pelecehan di Knox yang diduga terjadi antara tahun 1970 sampai 2012, dengan salah satu mantan murid mengatakan, sekolah itu sarang besar “kelompok pedofil”.

Ian Paterson yang menjadi kepala sekolah selama 30 tahun sampai tahun 1998, dituduh gagal memberitahu polisi tentang insiden pelecehan, serta memberikan informasi terkait para guru yang saat ini sedang diselidiki karena melakukan serangan seks.

Dalam pernyataannya sebagai saksi di Komisi, Paterson mengakui, ia membuat kesalahan dan menyesal untuk rasa sakit yang diderita anak-anak saat di bawah asuhannya di sekolah berasrama itu.

“Seharusnya saya mengetahuinya serta menghentikan segala kejadian yang mengarah ke pelecehan dan konsekuensi tragis terhadap anak-anak saat dalam perhatian saya dan keluarga mereka,” katanya, dilaporkan AFP.

“Saya telah gagal dengan hina untuk menyediakan anak-anak tempat yang nyaman dan aman di Knox saat menjadi tanggung jawab saya sebagai kepala sekolah.”

“Saya memuji keberanian Anda yang datang mengadu,” tambahnya, mengacu pada sejumlah murid yang mengungkapkan mengalami pelecehan.

Sejauh ini Paterson dianggap belum terlibat dalam pelecehan terhadap anak laki-laki, namun Komisi pada hari Senin mendengar bukti bahwa dia pernah secara tidak pantas menyentuh seorang gadis di atas panggung sekolah saat latihan untuk musik pada tahun 1989.

Australia membuka Komisi Kerajaan pada April 2013 untuk mengungkap kasus-kasus pelecehan seksual anak di sejumlah lembaga, setelah lebih dari satu dekade menghadapi tekanan untuk menyelidiki klaim tindakan pedofilia di organisasi keagamaan, sekolah, dan pengasuhan negara.

Pengaduan melalui Komisi ini telah mengungkapkan dugaan adanya pelecehan anak di tempat ibadah, panti asuhan, kelompok masyarakat, dan sekolah, sejak beberapa dekade.

Pada bulan September tahun lalu, Komisi ini diperpanjang dua tahun ke depan untuk mendengarkan ribuan korban yang datang mengadu.*

Rep: Insan Kamil
Editor: Syaiful Irwan

Bagikan:

Berita Terkait

kedutaan besar turki

Meski Perbaiki Hubungan, Turki Tetap Tolak Label Teroris Ikhwanul Muslimin oleh Mesir

Persatuan Ulama Dunia: Isolasi Negara Muslim pada Negara Muslim Lainnya Itu ‘Haram’

Persatuan Ulama Dunia: Isolasi Negara Muslim pada Negara Muslim Lainnya Itu ‘Haram’

Gordon Brown, PM Terburuk Pasca PD II

Gordon Brown, PM Terburuk Pasca PD II

Pihak Berwenang Tak Tahu Kemana Perginya 15 “Dokter China” yang Tiba di Nigeria

Pihak Berwenang Tak Tahu Kemana Perginya 15 “Dokter China” yang Tiba di Nigeria

Seratus Mahasiswa Saudi Tiap Tahun Diusir dari Amerika Serikat

Seratus Mahasiswa Saudi Tiap Tahun Diusir dari Amerika Serikat

Baca Juga

Berita Lainnya