Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Yaman Diambang Kekacauan Pasca Mundurnya Presiden Mansour Hadi

Yaman Fox
Pemberontak Syiah Al Hautsi (Al Houthi) saat menduduki bandara tahun 2014
Bagikan:

Hidayatullah.com–Masa depan politik Yaman tetap tidak pasti hari Jumat, dan parlemen dikabarkan akan memutuskan hari Ahad apakah menerima pengunduran diri Presiden Abd Rabbuh Mansour Hadi.

Presiden Hadi, Perdana Menteri Khaled Bahah dan kabinetnya mengajukan pengunduran diri hari Kamis, beberapa hari setelah milisi Houthi mengepung posisi-posisi kunci pemerintah di ibukota, menuntut perubahan pada rancangan konstitusi. [Baca:  Presiden, PM dan Kabinet Yaman Mundur dari Jabatannya]

Dengan mengutip posting di Facebook oleh perdana menteri, Reuters mengatakan pemerintah tidak ingin terlibat dalam “kesimpangsiuran politik yang tidak konstruktif.”

Protes-protes kecil oleh demonstran anti- Syiah Hautsi (Al Houthi) diadakan di Sana’a hari Jumat, tetapi laporan- laporan dari kota itu mengatakan situasinya relatif tenang, demikian dikutip Voice of America.

Berbicara dari Sana’a hari Kamis, utusan PBB Jamal Benomar mengatakan krisis politik itu hanya bisa diselesaikan jika kelompok-kelompok yang bersaing menghormati perjanjian sebelumnya yang menyerukan pembagian kekuasaan dan diakhirinya kekerasan.

Seperti diketahui, Presiden Yaman meletakkan jabatan setelah tekanan kelompok Syiah. Pemerintah Yaman dan kelompok pemberontak Syiah Hautsi bahkan sudah menandatangani kesepakatan untuk mengakhiri krisis politik selama beberapa pekan.

Berdasarkan kesepakatan, pemerintah baru akan dibentuk dan pemberontak Syiah Hautsi serta kelompok separatis lain di wilayah selatan negara itu akan mengajukan calon perdana menteri dalam waktu tiga hari ini.

Sebagaimana diketahui, pemberontak Syiah Al Houthi yang merupakan minoritas, melakukan pemberontakan sejak tahun 2004 untuk menuntut ekonomi yang lebih luas di Provinsi Saada di sebelah utara Yaman.*

Rep: Panji Islam
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Mursy akan Disidang Awal Nopember

Mursy akan Disidang Awal Nopember

Jet Tempur MiG-29 Rusia Jatuh di Laut Mediterania

Jet Tempur MiG-29 Rusia Jatuh di Laut Mediterania

Pelintas Jalan Serahkan Temuan 22 Emas Batangan ke Polisi Berlin

Pelintas Jalan Serahkan Temuan 22 Emas Batangan ke Polisi Berlin

Rakyat Menuntut Perubahan,  Pejabat Iran Salahkan Musuh

Rakyat Menuntut Perubahan, Pejabat Iran Salahkan Musuh

Surat Vatikan: Pendeta Cabul Tidak Boleh Dilaporkan ke Polisi

Surat Vatikan: Pendeta Cabul Tidak Boleh Dilaporkan ke Polisi

Baca Juga

Berita Lainnya