Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

ISIS Klaim Yang Membunuh Jenderal Iran Hamid Taghavi

ABNA
Pemakaman Brigadir Jenderal Hamid Taghavi
Bagikan:

Hidayatullah.com–Kelompok Daulah Islamiyah Iraq wa Syam (DAIS/ISIS mengklaim sebagai pihak yang telah membunuh perwira tinggi Iran, Brigadir Jenderal Hamid Taghavi yang bertugas sebagai penasihat militer pasukan Iraq, sebaigamana tersebar di internet pada hari Senin kemarin.

Sebelumnya, Garda Pengawal Revolusi Iran telah mengumumkan kematian Brigadir Jenderal Hamid Taghavi yang ditugaskan di Samarra, sebelah utara Baghdad untuk membantu melatih pasukan Iraq. [Baca: Penasihat Militer Iran Tewas di Iraq]

Salah satu forum jihadis sebelumnya mengunggah gambar seorang petugas militer Iran bersama tiga orang lain. Petugas militer itu diberi garis lingkaran merah di gambar kepalanya dengan judul tulisan; ”Sebuah foto bandit Hamid Taghavi yang dibunuh oleh orang-orang dari ISIS di wilayah Samarra.”

Jenderal Hamid Taghavi1

Brigadir Jenderal Hamid Taghavi yang tewas di Iraq [ABNA]

Hamid taqavi dinyatakan tewas hari Ahad (28/12/2014) usai menjalankan misinya” di Samarra, sebuah kota di sebelah utara Baghdad, di mana terletak sebuah masjid Syiah yang terkenal. Jenazah Hamid Taqavi dilaporkan akan dimakamkan di kampung halamannya, Ahvaz, di Iran tenggara, hari Selasa (30/12/2014) ini.

Taqavi adalah perwira militer tertinggi Iran yang diketahui terbunuh di luar negeri, sejak perang Iran-Iraq pada tahun-tahun 1980-an.

Upacara penghormatan terakhir bagi komandan senior Pengawal Revolusi Iran ini telah diselenggarakan di Teheran, Senin (29/12/2014), demikian dilaporkan oleh televisi pemerintah setempat.

Seperti diketahui, Iran ikut campur tangan di Iran dengan mengerahkan pesawat tempur untuk memerangi ISIS di Iraq dan kelompok pejuang dari Sunni.

”Republik Islam Iran mendukung pasukan tentara dan militer Iraq untuk melakukan kebijakan strategis,” kata Menteri Pertahanan Iran, Jenderal Hossein Dehgan seperti dilansir kantor berita IRNA.

Seperti diketahui, tak hanya ISIS, kelompok-kelompok Sunni juga ikut berjuang memerangi pemerintah Iraq yang didominasi Syiah. [Baca: Kronologi Jatuhnya Mosul di Tangan ISIL]

Iran juga ikut campur tangan dengan membantu pasukan mendukung rezim Nushairiyah Suriah dan Iraq yang didominasi Syiah.*

 

Rep: Panji Islam
Editor: -

Bagikan:

Berita Terkait

membombardir saudi

Koalisi Saudi Membombardir Ibu Kota Yaman setelah Serangan Drone Houthi

Mantan “Penjagal” Muslim Bosnia Tertangkap

Mantan “Penjagal” Muslim Bosnia Tertangkap

Wanita Yaman Bakar Kerudung Protes Presiden

Wanita Yaman Bakar Kerudung Protes Presiden

Mesir Tangkap Pengguna Media Sosial Penyulut Kekerasan

Mesir Tangkap Pengguna Media Sosial Penyulut Kekerasan

Presiden Terpilih Meksiko Janji Pangkas Gajinya dan Berantas Korupsi

Presiden Terpilih Meksiko Janji Pangkas Gajinya dan Berantas Korupsi

Baca Juga

Berita Lainnya