Selasa, 23 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Puluhan Pria Homoseksual Ditangkap, Penyiar TV Mesir Dipecat Panitia Festival Film Swiss

Bagikan:

Hidayatullah.com–Pihak penyelenggara sebuah festival film di Swiss telah memecat perwakilan mereka dari Mesir, Mona Iraqi, karena perannya dalam penggerebekan polisi belum lama ini atas sebuah tempat pemandian umum yang menjaring 26 orang pelaku homoseksual.

Iraqi, seorang presenter acara berita investigatif, dikecam keras oleh para aktivits pembela kaum gay karena memberikan informasi kepada polisi tentang dugaan perilaku homoseksual di pemandian umum Ramsis, sehingga aparat bergerak melakukan penggerebekan.

Pada 7 Desember polisi menyerbu bangunan tempat pemandian umum itu dan menangkap 26 orang laki-laki, melucuti pakaian mereka dan menggiringnya ke mobil-mobil polisi. Foto-foto yang diunggah Iraqi di laman Facebook menunjukkan dia ada di lokasi penggerebekan dan sedang mengabadikan peristiwa itu dengan kamera telepon genggamnya.

Setelah penggerebekan oleh polisi, Iraqi menulis di laman Facebook-nya, “Program kami berhasil membongkar tempat perbuatan tidak senonoh antara pria dengan pria dan menangkap basah mereka … Ya Tuhan, hasilnya sangat indah.”

Festival Film Pendek Internasional ‘Shnit’ yang berbasis di Bern, Swiss, di mana Iraqi menjadi perwakilannya untuk wilayah Mesir, menyatakan dalam websitenya bahwa presenter wanita itu beserta krunya berada di lokasi penangkapan guna mendokumentasikan peristiwa itu untuk kepentingan publik dan memastikan bahwa polisi mematuhi standar-standar kemanusiaan dalam menjalankan tugasnya. Liputan itu ditujukan untuk “mengecam perdagangan seks”.

Puluhan pria tersebut masih meringkuk dalam tahanan dan belum dikenai tuduhan baik perdagangan seks atau pelacuran. Mereka sepertinya akan menghadapi tuntutan berupa perilaku bejat pesta seks, yang dalam hukum di Mesir dipakai untuk mendakwa para pelaku hubungan seks sesama jenis, lansir Ahram Online.

Menyusul kritik dan kecaman dari para pembela kaum seksual menyimpang LGBT di internet, Shnit dalam pernyataannya hari Selasa (23//12/2014) mengatakan bahwa pihaknya telah mengeluarkan Iraqi sepenuhnya dari festival film tersebut.

Shnin menyebut tindakan Iraqi bertentangan dengan prinsip-prinsip yang dipegang festival.*

Rep: Ama Farah
Editor: Dija

Bagikan:

Berita Terkait

Pendiri Kartel Narkoba Meksiko Paling Bengis Tewas Dibunuh

Pendiri Kartel Narkoba Meksiko Paling Bengis Tewas Dibunuh

Umat Islam Mesir Tolak Gubernur dari Kristen

Umat Islam Mesir Tolak Gubernur dari Kristen

Utusan Khusus AS di Sudan Mengundurkan Diri pasca Memeluk Islam

Utusan Khusus AS di Sudan Mengundurkan Diri pasca Memeluk Islam

Kristen dan Islam Bersatu Hadapi Boko Haram

Kristen dan Islam Bersatu Hadapi Boko Haram

Pengikut Koptik Mesir Diajukan ke Pengadilan

Pengikut Koptik Mesir Diajukan ke Pengadilan

Baca Juga

Berita Lainnya