Kamis, 20 Januari 2022 / 16 Jumadil Akhir 1443 H

Internasional

Demonstrasi Besar di Washington dan NY Memprotes Kebrutalan Polisi Amerika

Bagikan:

Hidayatullah.com–Ribuan orang berkumpul di kota Washington dan New York pada hari Sabtu (13/12/2014) dan turun ke jalan-jalan memprotes pembunuhan warga kulit hitam tak bersenjata oleh polisi-polisi kulit putih dan mendesak Kongress untuk lebih melindungi warga Amerika keturunan Afrika dari tindak kekerasan oleh polisi.

Penyelenggara demonstrasi mengatakan, unjuk rasa itu sama dengan apa yang dilakukan warga di New York dan menjadi gelombang massa yang paling besar terkait protes atas kematian warga kulit hitam di tangan aparat kepolisian di Ferguson, Missouri, New York, Cleveland dan lainnya.

Keputusan juri di pengadilan yang menilai dakwaan terhadap para polisi pembunuh dalam kasus kematian Michael Brown di Ferguson dan Eric Garner di New York telah menempatkan kembali masalah cara kerja polisi menghadapi warga minoritas ke dalam agenda pembahasan tingkat nasional.

Ribuan orang berkumpul di Freedom Plaza, hanya beberapa blok dari Gedung Putih, sebelum akhirnya bergerak pada siang hari menuju Pennsylvania Avenue, yang berjarak sekitar tiga mil, untuk berunjuk rasa di depan US. Capitol.

“Saya keluar hari ini untuk menuntut keadilan dan juga perubahan kebijakan tentang cara kerja polisi di seluruh Amerika,” kata Aisha Wilson, 37, asal Peterson, New Jersey, dikutip Reuters.

Aksi turun ke jalan itu diselenggarankan oleh National Action Alliance, sebuah organisasi peduli hak-hak sipil yang dipimpin oleh pendeta Al Sharpton.

“Kita butuh lebih dari sekedar bicara,” kata Sharpton dalam pernyataannya sebelum turun ke jalan. “Kami membutuhkan tindakan legislatif yang akan mengubah keduanya baik di buku (undang-undang) maupun di jalan (kondisi di lapangan).”

Sharpton mendesak Kongres meloloskan rancangan undang-undang yang memungkinkan jaksa federal mengambil alih kasus dakwaan yang melibatkan anggota kepolisian. Menurutnya, polisi di tingkat daerah sudah terlalu terbiasa bekerjasama dengan kejaksaan di tingkat distrik, sehingga potensial menimbulkan konflik kepentingan ketika kejaksaan memeriksa dan memproses hukum sejawatnya di kepolisian setempat.

Unjuk rasa serupa di New York pada hari yang sama dimulai pada pukul 2 siang di mana massa berkumpul di Washington Square di Greenwich Village lalu bergerak menuju markas Kepolisian New York (NYPD) di kawasan Manhattan bawah.*

Rep: Ama Farah
Editor: Dija

Bagikan:

Berita Terkait

Industri Film ‘Israel’ dan Uni Emirat Arab Umumkan Kesepakatan Kerja Sama

Industri Film ‘Israel’ dan Uni Emirat Arab Umumkan Kesepakatan Kerja Sama

Presiden Kazakhstan Teken Larangan Musholah

Presiden Kazakhstan Teken Larangan Musholah

mualaf inggris turki

Perempuan Inggris Menemukan Islam dalam Perjalanan di Turki

Amnesti: Milisi Syiah, Rusia dan Iran Salahgunakan Senjata Bantuan untuk Kejahatan

Amnesti: Milisi Syiah, Rusia dan Iran Salahgunakan Senjata Bantuan untuk Kejahatan

Iran Kirim Bantuan Medis ke Suriah

Iran Kirim Bantuan Medis ke Suriah

Baca Juga

Berita Lainnya