Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Sebagian New York Membeku karena Badai Salju, Orang Meninggal Kedinginan

Bagikan:

Hidayatullah.com–Salju lebat membekukan sejumlah wilayah di negara bagian New York, Amerika serikat, sehingga para pengendara kendaraan bermotor terjebak di dalam mobilnya, memaksa warga untuk tinggal di dalam rumah dan menyebabkan sedikitnya enam orang meninggal dunia, lansir Aljazeera.

Hujan salju lokal di Bandara Buffalo menimbulkan tumpukan salju setebal 9cm, sementar di Lancaster, yang hanya berjarak 5km, ketinggian salju mencapai 1,52 meter.

Hujan salju yang turun itu dikenal sebagai salju “efek danau”. Salju terbentuk ketika ledakan gelombang udara yang sangat dingin bergerak ke arah badan air yang relatif hangat. Uap air yang terbentuk sangat banyak itu lalu disedot udara, yang kemudian diubah menjadi salju yang akhirnya ditumpahkan ke bumi. Oleh karena itu hujan salju seperti ini sangat tergantung dengan arah angin.

Hujan salju efek danau sangat sering terjadi di sekitar Great Lakes, kawasan danau besar di AS. Oleh karena pada tahun ini danau relatif lebih hangat, maka itu menjadi sumber uap yang sangat baik.

Warga penduduk kawasan Great Lakes sangat paham dengan badai salju karena efek danau tersebut. Meskipun demikian, warga dikejutkan dengan badai salju yang sangat buruk kali ini.

Suhu di semua 50 negara bagian Amerika Serikat turun ke titik beku ataudi bawahnya pada hari Selasa (18/11/2014), sehingga cuacanya lebih mirip seperti bulan Januari daripada Nopember alias lebih dingin.

Hari Selasa pagi kemarin merupakan pagi di bulan Nopember yang terdingin di Amerika Serikat sejak tahun 1976.

Akibat dingin yang mengigilkan tubuh itu sedikitnya enam orang meninggal di New York, New Hampshire dan Michigan.

Warga penduduk daerah Buffalo yang tertutup salju memantau terus prakiraan cuaca guna mengetahui dengan pasti keadaan arah angin, sebab hujan salju efek danau diperkirakan semakin parah pada hari Kamis ini.

Kondisi buruk diperkirakan akan terjadi pada hari Sabtu besok, ketika suhu udara sudah kembali naik mengakibatkan salju mencair dengan cepat sehingga berpotensi menimbulkan banjir.*

Rep: Ama Farah
Editor: Dija

Bagikan:

Berita Terkait

Terlantar di Mesir, Ribuan TKW Tak Terlindungi Hukum

Terlantar di Mesir, Ribuan TKW Tak Terlindungi Hukum

Sebuah Hotel di Makkah Terbakar

Sebuah Hotel di Makkah Terbakar

China Hukum Mati 4 Pejuang Uighur

China Hukum Mati 4 Pejuang Uighur

Iran Mengaku Akan Selalu Dukung Suriah Memerangi Pejuang Oposisi

Iran Mengaku Akan Selalu Dukung Suriah Memerangi Pejuang Oposisi

Slogan Anti-Islam Ditorehkan di Dekat Masjid Brixton di London

Slogan Anti-Islam Ditorehkan di Dekat Masjid Brixton di London

Baca Juga

Berita Lainnya