Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

SBY Resmikan Patung Dewi Saraswati di KBRI Washington

voa
Bagikan:

Hidayatullah.com–Diiringin  diiiringi gamelan kelompok Raga Kusuma dari kota Richmond, Virginia dan tari bali dari komunitas warga bali di Washington DC, Kamis 25 September 2014, sekitar pukul 6 sore waktu setempat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), meresmikan  patung Dewi Saraswati di KBRI Washington.

Peresmian disaksikan oleh pejabat Indonesia, Duta Besar RI untuk Amerika, para undangan dan masyarakat Indonesia di Washington DC dan sekitarnya, Ibu Ani Yudhoyono  dan Presiden SBY memotong pita peresmian dilanjutkan dengan penandatangan prasasti.

Patung Dewi Saraswati yang berwarna putih dan keemasan di halaman depan Kedutaaan Besar RI di Washington DC itu  semula direncanakan untuk diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tahun lalu, namun baru terlaksana saat ini.

Patung setinggi lebih dari lima meter ini adalah  karya  lima pematung Bali yang dipimpin oleh seniman Nyoman Sudarwa, dibuat dari bahan-bahan yang sebagian besar diperoleh di Amerika.

Bupati Badung A.A Gde Agung bersama Kepala Dinas Kebersiagaan dan Pertamanan Putu Eka Merthawan dan KBRI  Washington DC merancang desain patung  dan mewujudkan  pembangunan patung ini.

Bupati Badung A.A Gde Agung  mengatakan ide Patung Dewi Saraswati yang dicetuskan oleh Duta Besar RI untuk Amerika sebelumnya, Dino Pati Djalal, demikian dikutip Voice of America (VOA).

A.A Gde Agung menjelaskan dipilihnya patung Hindu guna mewakili diplomasi budaya ini mencerminkan toleransi agama di Indonesia.

Selain meresmikan Patung Dewi Saraswati, Presiden SBY hari Jumat (26 September) juga akan meresmikan sebuah masjid yang dikelola oleh Indonesian Muslim Association in America (IMAAM) di Silver Spring, Maryland.

Dalam pidatonya dihadapan sejumlah menteri yang menyertai perjalanan kenegaraan Presiden SBY sebelum acara peresmian, menekankan pentingnya toleransi beragama.

Indonesia berpenduduk masyoritas Islam terbesar di dunia, namun kebesaran Islam masih kurang nampak. Terbukti di beberapa instansi resmi pemerintah atau KBRI yang justru tidak menunjukkan sebagai negara berpenduduk Muslim.*

Rep: Panji Islam
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Mantan Kepala CIA Hindari Serangan ke Iran

Mantan Kepala CIA Hindari Serangan ke Iran

Inggris Sekarang Punya Menteri Kesepian

Inggris Sekarang Punya Menteri Kesepian

Jerman Akan Pidanakan Upskriting dan Rubbernecking

Jerman Akan Pidanakan Upskriting dan Rubbernecking

Amerika dan Inggris Perintahkan Warganya Tinggalkan Yaman

Amerika dan Inggris Perintahkan Warganya Tinggalkan Yaman

Artis Mesir Diganjar Penjara karena Hina Islam

Artis Mesir Diganjar Penjara karena Hina Islam

Baca Juga

Berita Lainnya