Jum'at, 19 Februari 2021 / 7 Rajab 1442 H

Internasional

Turki Kebanjiran Pengungsi Yazidi dari Iraq

Pengungsi Yazidi.
Bagikan:

Hidayatullah.com–Jumlah penganut Yazidi dari Iraq yang mengungsi ke Turki meningkat menjadi 16.000 orang dan masih akan terus bertambah, kata seorang pejabat tinggi provinsi hari Sabtu (30/8/2014).

Orang-orang Yazidi menyelamatkan diri ke tenggara Turki, Provinsi Sirnak, yang berbatasan dengan Iraq karena daerah tempat tinggalnya jatuh ke tangan kelompok ISIS/ISIL dan mereka dianggap sebagai penyembah setan.

Gubernur Provinsi Sirnak Hasan Ipek dalam pernyataannya mengatakan sekitar 2.000 pengungsi Yazidi sudah memasuki Turki secara legal lewat pintu perbatasan dan 14.000 lainnya melalui rute lain.

Menurut Ipek para pengungsi Yazidi itu diberi makan tiga kali sehari dan perawatan kesehatan, meskipun dia mengakui bahwa sekolah-sekolah dan rumah-rumah yang menjadi tempat mereka tinggal tidak kondisinya tidak selalu baik.

Turki sudah membuat kamp pengungsi di dalam wilayah utara Iraq di Zakho dan kamp itu berfungsi baik, kata Ipek. Jika tidak ada kamp pengungsi itu, Turki bisa kebanjiran hingga 40.000 pengungsi Yazidi.

Sementara itu di Provinsi Diyarbakir kamp pengungsi berkapaitas 3.000 orang sudah dipersiapkan untuk menerima gelombang baru pengungsi Yazidi, lansir Hurriyet.*

Rep: Ama Farah
Editor: Dija

Bagikan:

Berita Terkait

Pemimpin Senior Houthi Terbunuh dalam  Serangan Udara Koalisi Arab

Pemimpin Senior Houthi Terbunuh dalam Serangan Udara Koalisi Arab

Puasa Selama Jam Malam di Kashmir

Puasa Selama Jam Malam di Kashmir

Bahan Uang Malaysia Tak Mengandung Lemak Babi

Bahan Uang Malaysia Tak Mengandung Lemak Babi

Perempuan UAE Parade Mobil Keliling Negeri

Perempuan UAE Parade Mobil Keliling Negeri

Maroko Memutuskan Hubungan Diplomatik dengan Iran

Maroko Memutuskan Hubungan Diplomatik dengan Iran

Baca Juga

Berita Lainnya