Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Anak Muslim Rohingnya hadapi Putus Sekolah

a Anadolu Agency (AA)
Selama dua bulan terakhir, anak-anak yang kekurangan gizi buruk telah kehilangan nyawa mereka di kamp-kamp konsentrasi milik negara di Rakhine
Bagikan:

Hidayatullah.com– Ribuan anak-anak Muslim Rohingya saat ini tengah menghadapi masa depan yang suram setelah dipaksa untuk meninggalkan pendidikan dan hidup dalam kemiskinan yang ekstrim di usia dini mereka.

“Suatu hari saya akan berusaha dan menabung uang untuk memperoleh pendidikan,” kata Ko San (15 tahun) kepada Anadolu Agency (AA).

“Sudah lama sekali saya pergi ke sekolah dan saya sudah tidak ingat, ” tambahnya.

Sebagai anak Muslim Rohingya, Ko San tidak dapat menyelesaikan pendidikannya karena ia dipaksa untuk meninggalkan sekolah pada usia enam hingga dia bekerja untuk membantu keluarganya.

Meskipun ia telah bekerja selama empat tahun sebagai pekerja penuh waktu di sebuah warung teh, Ko San mendapatkan penghasilan sekitar $ 10 per bulan.

“Saya juga memberinya sarapan, makan siang dan makan malam,” kata pemilik warung teh.

Ko San tidak pernah berhenti membersihkan dan menunggu meja sepanjang hari di warung teh dekat Teluk Benggala, dan tinggal di sebuah gubuk darurat di kamp Say Ta Ma Gyi untuk pengungsi internal di Sittwe yang terletak di Rakhine.

Putus sekolah adalah salah satu masalah yang dihadapi Muslim Roghingya yang jumlahnya telah naik dua kali lipat setelah amuk massa penganut Buddha pada tahun 2012.

Minoritas Muslim Rohingya menghadapi krisis kesehatan yang mencolok setelah kelompok-kelompok pemberi bantuan utama yang memberikan pengobatan kepada umat Islam Rohingya seperti Medicines Sans Frontieres diusir Februari lalu.

Selama dua bulan terakhir, anak-anak yang kekurangan gizi buruk telah kehilangan nyawa mereka di kamp-kamp konsentrasi milik negara di Rakhine.

Warga kamp sementara di Sittwe itu tidak bisa menyelamatkan nyawa bayi-bayi penderita gizi buruk yang meninggal setiap hari.*

Rep: Abdullah al-Mustofa
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Shalom Sebut Yerusalem Ibukota Abadi Israel

Shalom Sebut Yerusalem Ibukota Abadi Israel

‘Muhammad’ Salah Satu dari 10 Nama Bayi Paling Populer di Amerika Serikat

‘Muhammad’ Salah Satu dari 10 Nama Bayi Paling Populer di Amerika Serikat

Penelitian: Memaafkan Mendatangkan Kesehatan

Penelitian: Memaafkan Mendatangkan Kesehatan

Aparat Mesir Selidiki Dai Syiah Pencerca Nabi dan Sahabat

Aparat Mesir Selidiki Dai Syiah Pencerca Nabi dan Sahabat

AS Jalankan Hukum Rimba di Iraq

AS Jalankan Hukum Rimba di Iraq

Baca Juga

Berita Lainnya