Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Vatikan Izinkan Amerika Gempur ISIS/ISIL Demi Kristen Iraq

Bagikan:

Hidayatullah.com–Vatikan memberikan persetujuannya kepada angkatan udara Amerika Serikat untuk melancarkan serangan terhadap ISIS/ISIL dengan alasan melindungi warga Kristen Iraq.

Duta Besar Vatikan untuk Perserikatan Bangsa-bangsa Silvano Tomasi pekan ini mendukung serangan udara Amerika Serikat yang ditujukan menghambat pergerakan ISIS/ISIL, dengan mengatakan lakukan “intervensi sekarang sebelum terlalu terlambat.”

“Tindakan militer mungkin diperlukan,” kata Tomasi dikutip AFP (14/8/2014).

Kebijakan Vatikan ini berbeda ketika Amerika Serikat meminta izin untuk menggempur Iraq tahun 2003 dan rencana serangan udara 2013 atas Suriah. Ketika itu Vatikan tidak menyetujui serangan udara AS dengan alasan khawatir akan memperburuk kondisi warga Kristen di sana.

Dukungan militer diperlukan untuk “menghentikan serigala memasuki kumpulan gembalaan untuk membunuh, memakan dan menghancurkannya,” kata Rabban Al-Qas, uskup di Amadiyah dari gereja Katolik Khaldea (aliran Katolik di kawasan Suriah dan sekitarnya) kepada Radio Vatikan.

Tomasi mendesak agar mereka yang mendanai dan menyuplai senjata kepada kelompok fundamentalis (ISIS/ISIL, red) dan negara-negara yang mendukungnya harus diungkap.

Sementara itu pemimpin Gereja Katolik Khaldea Louis Sako yang berbasis di Iraq meminta intervensi militer yang lebih luas oleh Amerika Serikat. Alasannya, serangan udara AS hanya memberikan sedikit harapan bisa berhasil menghambat serangan ISIS/ISIL. Sako kecewa karena Presiden AS Barack Obama hanya memberikan bantuan militer untuk melindungi Arbil.*

Rep: Ama Farah
Editor: Dija

Bagikan:

Berita Terkait

Putri Saddam Hussein Bantah Tuduhan Kudeta

Putri Saddam Hussein Bantah Tuduhan Kudeta

Idul Adha, Kambing Masuk Gaza Lewat Terowongan

Idul Adha, Kambing Masuk Gaza Lewat Terowongan

Aliansi anti-islamofobia prancis

Aliansi Anti-Islamofobia Prancis Serukan Protes Nasional atas RUU Anti-Ekstremisme yang Memecah Belah

Lajnah Daimah Minta Penghina Rasul Dihukum

Lajnah Daimah Minta Penghina Rasul Dihukum

Erdogan Ancam Israel Akan Bayar Kejahatannya atas Al Aqsha

Erdogan Ancam Israel Akan Bayar Kejahatannya atas Al Aqsha

Baca Juga

Berita Lainnya