Ahad, 23 Januari 2022 / 19 Jumadil Akhir 1443 H

Internasional

Amerika Yakin Negaranya Tidak Akan Terkena Wabah Ebola

Pekerja medis misionaris Kristen Samaritan's Purse yang tertular virus Ebola.
Bagikan:

Hidayatullah.com–Kepala lembaga pengendalian penyakit Amerika Serikat mengatakan yakin negaranya tidak akan mengalami wabah Ebola seperti negara-negara di Afrika Barat.

Pimpinan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Dr Tom Frieden mengatakan kepada Kongres bahwa rumah-rumah sakit di Amerika mampu menyediakan ruang rawat isolasi sehingga virus Ebola tidak menyebarluas.

Dua petugas kesehatan warga Amerika Serikat yang bekerja untuk organisasi misionaris Kristen Samaritan’s Purse terinfeksi Ebola di Liberia dan belum lama ini dipulangkan ke Amerika. Mereka dirawat di Atlanta dan kondisinya dikabarkan sudah membaik.

“Kami tidak memandang Ebola sebagai bahaya signifikan atas AS sebab penyakitnya tidak mudah menular, tidak menyebar dari orang yang tidak sakit dan norma budaya yang ikut andil dalam penyebaran penyakit –seperti tradisi penguburan mayat– bukan menjadi salah satu faktornya di Amerika Serikat,” kata Frieden saat berbicara di depan Kongres dikutip BBC (7/8/2014).

Menurut Frieden, Amerika Serikat tahu bagaimana cara menghentikan Ebola, yaitu dengan kontrol ketata atas penyakit infeksi yang sudah umum diterapkan di rumah-rumah sakit di AS.

CDC sudah mengirimkan 50 stafnya ke negara Afrika yang paling parah terkena wabah, yaitu Sierra Leone, Liberia dan Guinea, serta Nigeria.

“Kita sudah pernah menghentikan wabah Ebola yang sebelumnya dan kita akan menghentikan yang satu ini,” kata Frieden seraya mengatakan setidakny dibutuhkan 6 bulan untuk meredam wabah itu.

Kasus kematian korban virus mematikan itu saat ini 50-60% dari jumlah orang yang terinfeksi, lebih rendah dibanding wabah Ebola sebelumnya yang mencapai 90%. Meskipun demikian, wabah kali ini tidak bisa dianggap enteng, sebab mobilitas orang semakin tinggi dan mencakup wilayah yang luas, tidak seperti waktu wabah terdahulu di mana Afrika relatif tertutup.*

Rep: Ama Farah
Editor: Dija

Bagikan:

Berita Terkait

Inggris Desak Chad Tangkap Umar al-Bashir

Inggris Desak Chad Tangkap Umar al-Bashir

Al-Sisi Dietapkan Menjadi Presiden Mesir Hingga 2034

Al-Sisi Dietapkan Menjadi Presiden Mesir Hingga 2034

China Akan Terapkan Larangan Merokok di Tempat Umum

China Akan Terapkan Larangan Merokok di Tempat Umum

Baca Ekspresi Wajah Robot Melayani dan Menghibur di Tokyu Plaza Shibuya

Baca Ekspresi Wajah Robot Melayani dan Menghibur di Tokyu Plaza Shibuya

WNI Sudan Galang Dana untuk Palestina

WNI Sudan Galang Dana untuk Palestina

Baca Juga

Berita Lainnya