Sabtu, 13 Februari 2021 / 30 Jumadil Akhir 1442 H

Internasional

Amerika Izinkan Zionis Pakai Amunisi dari Gudangnya di Israel untuk Serang Gaza

Bagikan:

Hidayatullah.com—Amerika Serikat telah mengizinkan Israel menggunakan cadangan senjata AS dari gudang setempat dalam pekan-pekan terakhir yang menyediakan granat dan mortir untuk menyerang Gaza, kata sekretaris pers Pentagon Laksamana Muda John Kirby.

Cadangan amunisi itu terletak di dalam wilayah yang dikuasai Israel dan merupakan bagian dari program bersama dengan AS yang diberi nama Reserve Stock Allies-Israel (WRSA-I), di mana cadangan amunisi disimpan untuk dipakai AS tetapi juga bisa diakses Israel dalam keadaan darurat.

Meskipun cadangan amunisi itu disediakan untuk kondisi darurat, namun Zionis Israel tidak menyebutkan “darurat” ketika meminta izin untuk menggunakan cadangan senjata itu 10 hari lalu, kata seorang pejabat Departemen Pertahanan AS tanpa mau disebutkan namanya, Rabu (30/7/2014).

Washington mengizinkan Israel mengambil cadangan granat 40mm dan mortir 120mm dari dalam gudangnya.

Dalam sebuah pernyataannya Kirby mengatakan, “Kedua amunisi itu telah distok dalam WRSA-I selama beberapa tahun, sebelum krisis saat ini.”

“Semua stok di WRSA-I, sebagaimana diminta dalam undang-undang, melebihi jumlah dari yang dibutuhkan AS,” kata Kirby, seraya menambahkan bahwa untuk mengeluarkan amunisi dari gudang tersebut tidak perlu izin dari Washington dan semata keputusan dari pihak pengelola gudang.

Kirby juga mengatakan bahwa AS berkomitmen untuk menjaga keamanan Israel, yang merupakan hal vital bagi kepentingan nasional Amerika Serikat.

Pejabat Pentagon yang tidak ingin identitasnya diketahui publik itu juga mengatakan, Israel telah meminta tambahan amunisi buatan Amerika dan permintaan itu sedang diproses.

Kedutaan Besar Israel di Washington menolak berkomentar mengenai permintaan amunisi tersebut, termasuk apakah Israel meminta tambahan amunisi itu untuk dipergunakan menyerang Gaza, lapor kantor berita Reuters.

Sementara itu di tempat terpisah, para politisi Amerika di Kongres sedang bekerja untuk meloloskan bantuan jutaan dolar bagi program Iron Dome Israel.

Appropriations Committee di Senat AS menambahkan US$225 juta untuk Iron Dome dalam anggaran yang awalnya diutamakan untuk menadanai program pencegahan arus imigran anak dari Amerika Latin lewat perbatasan AS-Meksiko.*

Rep: Ama Farah
Editor: Dija

Bagikan:

Berita Terkait

Sebuah Sekolah Islam di Belanda Dibom

Sebuah Sekolah Islam di Belanda Dibom

Sebut Penanganan Xinjiang Penanggulangan Teroris, China Klaim Didukung Banyak Negara

Sebut Penanganan Xinjiang Penanggulangan Teroris, China Klaim Didukung Banyak Negara

Ziona Chana, Rukun dengan 39 Istri

Ziona Chana, Rukun dengan 39 Istri

WHO: Tiap Tahun 7 Juta Orang Meninggal karena Polusi Udara

WHO: Tiap Tahun 7 Juta Orang Meninggal karena Polusi Udara

PM Australia Julia Gillard Sebut Kiamat Segera Datang

PM Australia Julia Gillard Sebut Kiamat Segera Datang

Baca Juga

Berita Lainnya