Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Proyek Pesawat Tak Berawak Mahasiswa Saudi

Bagikan:

Hidayatullah.com–Para mahasiswa teknik di Universitas King Khaled di Asir baru saja menyelesaikan tahap desain dari program mereka untuk membuat sebuah drone (pesawat tak berawak) atau unmanned aerial vehicle (UAV) (kendaraan udara tak berawak), yang rencananya akan dipergunakan untuk pemotretan udara. Demikian riis Arab News, Kamis (5/6/2014).

Profesor Tawfiq Khatab, kepala tim peneliti, mengatakan tujuan program itu adalah untuk membuat pesawat tak berawak untuk penggunaan praktis, tetapi juga untuk mengajari para mahasiswa tentang desain dan pembuatan peralatan berteknologi tinggi.

Dia mengatakan “sebagian besar universitas bergengsi” terlibat dalam proyek tersebut untuk memperoleh keahlian teknis dalam bidang-bidang tertentu. Khatab mengatakan penelitian tersebut dibagi menjadi tiga tahap, yang meliputi pembuatan prototipe.

“Tahap pertama meliputi pendesain. Kemudian kami akan membuat pesawat tanpa awak itu di tahap kedua dengan menggunakan fiberglass. Proses pembuatan pesawat meliputi pembuatan badan pesawat, motor penggerak, roda-roda dan sayap-sayap,” katanya.

Tahap ketiga akan meliputi pengujian pesawat tak berawak itu dalam hal kekuatan, pengukuran daya dorong mesin, pemeriksaan pengendalian jarak jauh, penentuan titik gravitasi mesin, uji terbang dan kemudian penulisan laporan akhir. Khatab mengatakan melalui mesin yang dipergunakan dalam pesawat tak berawak itu para mahasiswa teknik mesin akan memperoleh keahlian desain teknik grafis, perhitungan berat dan daya dorong mesin.

Program itu juga akan berguna bagi mahasiswa teknik elektro untuk belajar transfer data dan pengembangkan sistem pilot otomatis dan pengendalian jarak jauh. Khatab mengatakan pentingnya penelitian ini terletak pada detil-detil ilmiah dan teknik canggih yang digunakan dalam teknik listrik dan mekanik, dan bagaimana semua hal itu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Pesawat tak berawak dapat digunakan dalam situasi sulit di mana nyawa manusia bisa terancam,” katanya. Dia mengatakan para mahasiswa itu akan melengkapi UAV itu dengan kamera untuk pengambilan foto udara.*

 

Rep: Abdullah al-Mustofa
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Larang Cadar, Produk Prancis Perlu Diboikot

Larang Cadar, Produk Prancis Perlu Diboikot

Putra Jackie Chan akan Duduk di Kursi Terdakwa dalam Kasus Narkoba

Putra Jackie Chan akan Duduk di Kursi Terdakwa dalam Kasus Narkoba

Belgia Akan Susul Perancis Larang Jilbab

Belgia Akan Susul Perancis Larang Jilbab

Awas! Menenteng Tas Kresek di Tanzania Bisa Masuk Bui

Awas! Menenteng Tas Kresek di Tanzania Bisa Masuk Bui

Tokoh Salafy Serukan Bentuk Parpol Baru

Tokoh Salafy Serukan Bentuk Parpol Baru

Baca Juga

Berita Lainnya