Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Syaikh as Sudais: Perhatikan Adab saat Ziarah ke Makam Nabi dan Sahabat

Syeikh Abdul Rahman As Sudais
Bagikan:

Hidayatullah.com–Imam dan khotib al Masjid al Haram Makkah yang juga ketua umum pengurus dua masjid suci, Syeikh Dr. Abdurrahman as Sudais menegaskan bahwa ziarah ke masjid Nabawi di Kota Suci Madinah adalah ibadah yang disyariatkan.

“Ziarah (ke masjid Nabawi-Red) adalah ibadah yang disyariatkan, oleh karena itu harus sesuai dengan apa yang disyariatkan oleh Allah dan Rasul-Nya. Satu shalat di Masjid Nabawi ini lebih baik dari 1000 sholat di masjid-masjid lainnya, kecuali di Masjidil Haram,” kata Syaikh as Sudais pada kultum singkat usai mengimami sholat Isya berjamaah di Masjid Nabawi, pada Kamis malam (13/03/2014) waktu setempat.

“Kita harus memperhatikan adab-adab masjid seperti shalat tahiyatul masjid, tidak berdesak-desakan dan membuat kegaduhan, tidak disibukkan dengan handphone dan berfoto-foto di dalam masjid yang bisa mengurangi kualitas ibadah dan dzikir kepada Allah,” lanjut beliau.

Syeikh as Sudais juga mengingatkan jamaah yang akan berziarah ke makam Rasulullah –Shallallahu Alaihi Wasallam- dan dua Sahabat beliau Abu Bakar dan Umar –Radhiyallahu Anhuma- agar memperhatikan adab-adab dalam berziarah.

“Hendaknya kita memperhatikan dan menjaga adab-adab ziarah ke makam Rasulullah –Shallallahu Alaihi Wasallam- seperti tidak meninggikan suara di hadapan beliau, harus tenang dan santun dalam mengucapkan salam dan shalawat, jangan berdesak-desakan dengan jamaah lainnya karena itu akan menimbulkan kegaduhan,” demikian pesan imam senior di Masjidil Haram ini.

Syeikh juga mengingatkan kepada para Muslimah yang akan keluar dari rumah menuju masjid Nabi dan masjid-masjid lainnya agar tidak mempercantik diri dengan tampilan yang mencolok dan bisa menebar fitnah, juga tidak mengenakan harum-haruman yang menyengat saat keluar, serta harus dengan ijin mahramnya.

Pantauan hidayatullah.com, kunjungan ketua umum pengurus dua masjid suci, Masjidil Haram dan Masjid Nabawi ke Kota Madinah berkaitan dengan kunjungan kerja memantau proyek perluasan Masjid Nabawi, juga memperkenalkan program baru terjemah khutbah Jumat mimbar Nabawi secara langsung yang akan dimulai pada Jumat (14/3/2014) ini.

Syeikh as Sudais sudah berada di Madinah sejak Rabu (12/03/2014), beliau diundang untuk berbicara di acara seminar Pembaharuan Gerakan Dakwah yang dilaksanakan oleh Universitas Islam Madinah (UIM) di aula utama Malik Saud kampus UIM.*/Muhammad Dinul Haq, kontributor hidayatullah.com di Madinah

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Ojek Motor Listrik Beroperasi di Rwanda

Ojek Motor Listrik Beroperasi di Rwanda

Tentara Penjajah Zionis Tewas karena Bunuh Diri

Tentara Penjajah Zionis Tewas karena Bunuh Diri

Penjualan Minyak Turun, Klub Sepakbola Aljazair Dilarang Pakai Pemain Asing

Penjualan Minyak Turun, Klub Sepakbola Aljazair Dilarang Pakai Pemain Asing

Iran Pamer Kekuatan di Laut Mediteriania

Iran Pamer Kekuatan di Laut Mediteriania

Erdogan Sebut Israel seperti Hitler

Erdogan Sebut Israel seperti Hitler

Baca Juga

Berita Lainnya