Mufti Saudi Kembali Ajak Masyarakat Bantu Muslim Suriah

Pantauan hidayatullah.com, secara khusus pemerintah kerajaan Arab Saudi telah membentuk Hamlah Wathaniyah Saudiyah sebagai badan resmi untuk mengumpulkan dan menyalurkan bantuan untuk muslim Suriah.

Mufti Saudi Kembali Ajak Masyarakat Bantu Muslim Suriah
Bantuan warga Saudi untuk muslimin Suriah

Terkait

Hidayatullah.com–Mufti Kerajaan Arab Saudi Syeikh Abdul Aziz bin Abdullah Alu Syeikh mengajak seluruh masyarakat dan pendatang yang tinggal di Arab Saudi untuk membantu saudara-saudara seiman di Suriah, sebagai bentuk lanjutan dari program kerajaan yang telah berlangsung lebih awal.

Hal tersebut disampaikan Mufti yang juga ketua Haiah Kibar Ulama (MUI-nya Saudi) seperti dikutip al Yaom online Ahad (23/02/2014) kemarin.

“Umat Islam ibarat satu jasad, apabila satu bagian tubuh merasa sakit maka seluruh tubuh akan merasakannya. Allah menegaskan dalam ayat-Nya: (إن هذه أمتكم أمة واحدة وأنا ربكم فاعبدون) Sesungguhnya umat (agama Tauhid) ini adalah agama kamu semua; agama yang satu, dan Aku adalah Tuhanmu, Maka sembahlah Aku. Dalam hadits sohih juga disebutkan (إن المؤمن للمؤمن كالبنيان يشد بعضه بعضاً) Orang mukmin dengan orang mukmin lainnya bagaikan sebuah bangunan yang satu sama lainnya saling menguatkan,” terang Mufti.

Syeikh Abdul Aziz yang juga Ketua Badan Penelitian dan fatwa Arab Saudi juga menyinggung jiwa sosial dan empati seorang muslim seperti yang diajarkan Rasulullah –صلى الله عليه وسلم- dalam hadits beliau.

“Kita telah melihat kondisi saudara-saudara kita yang dilanda fitnah dan musibah di Suriah, mereka ditindas rezim dzalim, hidup tanpa tempat tinggal yang layak, tanpa makanan dan minuman, bahkan mereka tidak memiliki pakaian yang cukup untuk menahan dinginnya cuaca, banyak dari anak-anak telah meninggal karena kelaparan dan kedinginan,” ungkap Mufti Abdul Aziz.

“Kondisi mereka sangat memprihatinkan dan kabar mereka sangat mengusik hati setiap muslim yang memiliki rasa belas kasih terhadap sesama atas ikatan ukhuwah imaniyah di negeri mana pun dia berada. ترى المؤمنين في تراحمهم وتوادهم وتعاطفهم كمثل الجسد، إذا اشتكى عضو تداعى له سائر جسده بالسهر والحمى, Kamu melihat kaum mukminin dalam sayang menyayangi, cinta mencintai dan lemah lembut antara mereka adalah seperti satu badan, di mana jika ada satu anggota yang mengeluh sakit maka anggota-anggota yang lain ikut merasakannya dengan tidak bisa tidur dan demam,” lanjut Syeikh Abdul Aziz mengutip hadits riwayat al Bukhari.

Pantauan hidayatullah.com, secara khusus pemerintah kerajaan Arab Saudi telah membentuk Hamlah Wathaniyah Saudiyah sebagai badan resmi untuk mengumpulkan dan menyalurkan bantuan untuk muslim Suriah.

Organisasi tersebut dikoordinir langsung oleh menteri dalam negeri Arab Saudi, Muhammad bin Naif bin Abdul Aziz.

“Kami mengajak kepada seluruh penduduk, khususnya para pegawai, pedagang dan orang kaya negeri ini untuk menyalurkan bantuan hartanya ke Hamlah Wathaniyah Saudiyah untuk menolong saudara-saudara kita di Suriah. Kita juga mendoakan saudara-saudara kita di sana yang sedang ditimpa musibah kedzaliman rezim pemerintahnya, semoga Allah menjaga mereka dan negeri mereka,” tutup Mufti.*/Muhammad Dinul Haq, Kontributor hidayatullah.com di Madinah

Rep: Admin Hidcom

Editor: Cholis Akbar

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !