Rabu, 26 Januari 2022 / 22 Jumadil Akhir 1443 H

Internasional

15 Orang dari Panitia Lima Puluh Mengundurkan Diri

Protes kebijakan prisiden baru Mesir
Bagikan:

Hidayatullah.com–Perkembangan politik Mesir kembali meningkat, Selasa sore (26/11/13), setelah aparat keamanan menerapkan peraturan jam malam dan melakukan penangkapan kepada sejumlah demonstran di depan kantor Majelis Syuro.

Seperti yang dilaporkan oleh Alarabiya (27/11/13), demonstrasi tersebut dimotori oleh sejumlah kekuatan dan gerakan revolusi untuk mengkritik kebijakan jam malam dan status darurat. Mereka meminta pemberlakuan jam malam dicabut.

Pasca diberlakukannya Undang-Undang Demonstrasi pada 25 November lalu beberapa pihak melakukan protes dan menolak peraturan tersebut karena dipandang bertentangan dengan hak-hak demokrasi.

Reaksi tak hanya datang dari kubu pro Mursi, tapi juga datang dari gerakan oposisi terbesar dan salah satu pencetus revolusi 25 Januari, yaitu Gerakan Pemuda 6 April.

Dalam situs resminya Pemuda 6 April menyampaikan penolakan tegas terhadap undang-undang demonstrasi yang dikeluarkan oleh presiden sementara, Adly Mansour. Mereka menilai Undang-undang ini melawan kehendak rakyat di tengah kondisi negara yang kehilangan institusi terpilih yang mewakili rakyat.

Sementara itu, sebanyak 15 orang anggota Panitia Lima Puluh yang bertugas membentuk rancangan konstitusi memutuskan untuk membekukan keanggotaan mereka, sebagai protes atas aksi penangkapan demosntran yang dilakukan oleh aparat keamanan.

Sumber dari keamanan sendiri telah mengkonfirmasi penangkapan sebanyak 30 orang yang dinilai penggerak demonstrasi. Mereka ditangkap karena melanggar peraturan baru tentang demonstrasi yang dikeluarkan oleh Presiden Sementara Adli Mansur.*

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Menyangkal Holocaust, Uskup Inggris Dihukum

Menyangkal Holocaust, Uskup Inggris Dihukum

698 Warga Palestina Mati Syahid Selama 2003

698 Warga Palestina Mati Syahid Selama 2003

Mengaku Murtad, Eh… Ternyata Bohong

Mengaku Murtad, Eh… Ternyata Bohong

vaksin afrika

Gagal Gelar Olimpiade 2020, Erdogan Tuding IOC Abaikan Muslim

Lewat Rekaman, Usamah Serukan Bantu Korban Banjir Pakistan

Lewat Rekaman, Usamah Serukan Bantu Korban Banjir Pakistan

Baca Juga

Berita Lainnya