Selasa, 23 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Memusuhi Israel dan Barat, 10 Orang ini Diburu Amerika

CNN
Umarov menginginkan wilayahnya menerapkan syariah Islam, AS memasukkan nama Umarov dalam daftar teroris global
Bagikan:

Hidayatullah.cm—Meski sedang mengalami masalah ekonomi, Amerika Serikat kini tengah kembali gencar memburu orang-orang yang dipercaya merupakan “teroris” paling berbahaya di dunia. Sejak terjadi penyerangan di mall Westgate di Nairobi, Kenya, 21 September 2013, pasukan elite AS langsung diterjunkan ke Libya dan Somalia.

Hari Kamis (10/10/2013),  dalam tulisannya “Who are the world’s 10 most dangerous terrorists?” oleh Tim Lister, CNN menerbitkan sebuah kompilasi mengenai orang-orang yang menjadi buronan paling dicari oleh AS.

Di bawah ini 10 nama-nama yang dianggap menjadi buronan paling dicari Amerika;

Syeikh Ayman al-Zawahiri

Sejak Usamah bin Ladin tewas di tangan Navy SEAL pada 2011, tokoh yang dituakan di Al-Qaidah jatuh kepada Ayman al-Zawahiri. Ia melancarkan sejumlah serangan melalui sejumlah organisasi sayap al-Qaidah yang beroperasi di berbagai negara.

Ia memusatkan serangan di negara-negara Semenanjung Arab yang tengah kacau. Al-Zawahiri kini menggunakan taktik serangan yang lebih halus, seperti melakukan penculikan dan penyanderaan. Dalam sebuah pesan audio pada Agustus 2013, ia menyerukan untuk menculik warga dari negara yang ikut menginvasi negara Muslim.

Nasir al Wuhayshi

Ia pernah menjadi sekretaris pribadi Usamah bin Ladin di Afghanistan. Sempat kembali ke Yaman dan tertangkap hingga mendekam di penjara. Meskipun baru berusia 36 tahun, aksi teror yang dilakukan oleh Wuhayshi terbilang cukup banyak.

Ia membangun kembali kekuatannya. Ia pernah menyerang pasukan keamanan turis asing di Yaman, serta berambisi menyerang kedutaan besar AS di Yaman.

Ibrahim al-Asiri

Pria berusia 31 tahun asal Arab Saudi ini, merupakan master perakit bom untuk kelompok Al-Qaidah di semenanjung Arab. Ia dianggap berbahaya karena  pernah merakit bom yang bisa disimpan di celana dalam yang nyaris diselundupkan melalui sebuah penerbangan AS di Detroit pada natal 2009.

Ia juga pernah membuat bom yang disamarkan dalam bentuk printer yang dikirimi melalui kapal dari Sanaa, Yaman ke Amerika Serikat. Bom itu juga nyaris tidak terdeteksi oleh polisi Inggris meskipun sudah diperiksa dengan teliti.

Ahmad Abdi Godane

Mukhtar Abu Zubayr atau Godane merupakan pemimpin kelompok al-Shabab Somalia tahun 2008. Dialah yang membawa al-Shabab keluar dari Somalia hanya didirikan untuk membawa syariat Islam ke pemerintahan Somalia.

Namun, pada perkembangannya kelompok ini beroperasi di luar negeri dan mengincar Amerika Serikat serta Eropa. Serangan di mal Westgate, Nairobi, Kenya merupakan salah satunya. Pada 2010, kelompok ini juga melakukan bom bunuh diri di ibukota Uganda, Kampala, menewaskan 70 orang.

Moktar Belmoktar

Ia seorang warga Aljazair. Ia dianggap komandan al-Qaidah Aljazair. Sebelumnya ia dianggap tidak  berbahaya. Namun, saat  mengumumkan pembentukan sebuah unit elite  “Pasukan Sumpah Darah” ia dimasukkan Amerika sebagai orang berbahaya.

Ia pernah  dilaporkan tewas dibunuh tentara Chad, namun sebagian besar menganggap ia masih hidup.

Belmoktar masih “hidup dan baik-baik saja serta sedang memimpin pertempuran sendiri”, kata dinas pemantauan SITE yang berbasis di AS, lapor Reuters.

Abu Muhammad al-Julani

Al-Julani diyakini merupakan sayap al-Qaidah di Iraq. Ia  dianggap pemimpin kelompok oposisi di Suriah. Kelompok jihad yang didirikan pada Januari 2012 diklaim memiliki 10 ribu pejuang yang berpengalaman perang di Iraq.

Mei lalu, Amerika memasukkan nama al-Julani sebagai kelompok teroris yang beroperasi secara global.

Abu Bakar al-Baghdadi

Abu Bakar adalah eturunan suku Al-Sada Al-Asharaf Al-Badriyin.  Lulusan Universitas Islam Baghdad dan lulusan gelar pendidikan  doctoral ini  dikenal seorang pendidik dan seorang khatib ternama.  Ia dianggap pemimpin kelompok Daulah Islam Iraq dan Suriah (ISIS). Kelompok ini diyakini tidak sepaham dengan kelompok al-Julani. Namun intelijen Amerika Serikat percaya bahwa jika ISIS bergabung dengan Julani, maka itu akan menjadi mimpi buruk di perbatasan Suriah-Iraq, sebagaimana dicita-citakan oleh Ayman al-Zawahiri.

Sirajuddin Haqqani

Sirajuddin Haqqani adalah anak dari Jalaludin Haqqani. Jalaludin Haqqani, dikenal sangat dekat dengan pemimpin Taliban Mullah Mohammad Omar.

Awalnya, Sirajuddin Haqqani beroperasi di Timur Tengah, namun kemudian pindah ke Afghanistan dan Pakistan. Sirajuddin  mengobarkan perang untuk mengusir tentara AS dari Afghanistan.  Karena itu, jaringan Haqqani dipercaya merupakan yang paling berbahaya dan pernah melancarkan serangan besar di Kabul, ibu kota Afghanistan.

AS pernah menyebut kelompok Haqqani berhasil melukai lebih dari 1.000 tentara AS di Afghanistan.

“Siraj adalah pembunuh brutal,” ujar Jenderal Jeffrey Schloesser, komandan 101st Airborne Division di Afghanistan Timur pada 2009.

Abubakar Shekau

Ia dikenal pemimpin kelompok Boko Haram, Nigeria. Nama Boko Haram di Nigeria berarti “pendidikan Barat haram”. Awalnya tujuannya mereka membebaskan masyarakat dari perbuatan amoral dan kemaksiatan dan gerakan anti pendidikan modern yang mereka tuduh berbau Barat dan menjauhkan siswa dari nilai agama. 

Namun seiring aksinya membawa korban,  kelompok ini menjadi musuh pasukan pemerintah dan Amerika menjadikan sasaran.  

Doku Umarov

Doku Umarov dikenal sebagai “Amir Emirat Kaukasus”. Kelompok berlokasi di Chechnya ini selama bertahun-tahun ia berjuang melawan penindasan pemerintah Rusia yang mengawasi wilayah Kaukasus Utara yang didominasi warga Muslim. Umarov menginginkan wilayahnya menjadi negara yang menerapkan syariah Islam.

AS bahkan memasukkan  namanya dalam kasus pengeboman di Boston, Tsarnev bersuadara. Kelompok ini menjadikan AS, Rusia, Israel, dan Inggris sebagai musuh besar mereka. Semenjak itu AS memasukkan nama Umarov dalam daftar teroris global 2010.*

Rep: Panji Islam
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Ibukota India Sulit Bernapas Terkepung Polusi Udara

Ibukota India Sulit Bernapas Terkepung Polusi Udara

Pakistan Serahkan Permohonan Pinjaman Darurat pada IMF

Pakistan Serahkan Permohonan Pinjaman Darurat pada IMF

Rusia: Pembentukan Pasukan Perbatasan Si Suriah Bertentangan dengan Kepentingan Rusia

Rusia: Pembentukan Pasukan Perbatasan Si Suriah Bertentangan dengan Kepentingan Rusia

Bahrain Eksekusi Tiga Aktivis Syiah karena Serang Polisi

Bahrain Eksekusi Tiga Aktivis Syiah karena Serang Polisi

Tentara AS di Afghanistan Nistakan Al-Quran

Tentara AS di Afghanistan Nistakan Al-Quran

Baca Juga

Berita Lainnya