Selasa, 23 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Berita Rowan “Mr Bean” Atkinson Masuk Islam Tidak Benar

Bagikan:

Hidayatullah.com—Komedian Inggris Rowan Atkinson yang populer dengan perannya sebagai Mr. Bean, beberapa hari belakangan dikabarkan telah masuk Islam. Berita ini beredar luas di media sosial dan berbagai situs berita, terutama yang dikelola oleh Muslim dan Syiah.

Tribunnews.com (2/10/2013) menulis, “Sebagaimana dilansir sadabladi.com dan diperkuat oleh media Israel israellycool, lalu kemudian dikutip oleh situs Islampos, Mr Bean menerangkan setelah `menonton’ film fitnah tentang nabi Muhammad SAW “Innocent of Muslim” adalah penyebab utama ia dirinya memantapkan hati pada keyakinan barunya.”

Rashid al-Ghannushi, polisiti Islam Tunisia pimpinan Partai An-Nahda, disebut-sebut sebagai pembimbing Atkinson sehingga masuk Islam.

Berdasarkan penelusuran Hidayatullah.com, pada posting awalnya (30/9/2013) Aussie Dave di situs israellycool memuat berita Rowan Atkinson masuk Islam dengan judul “Batsh*t Crazy Claim Of The Day: Rowan Atkinson Converted To Islam”. Di dalam posting tersebut sebenarnya israellycool menegaskan bahwa kabar tersebut, yang mereka kutip dari situs pro-Palestina pls48.net, tidak mereka percayai.

Untuk memperkuat ketidakpercayaannya israellycool juga mengutip pernyataan Atkinson, yang pernah mengatakan menentang rancangan undang-undang tentang penistaan agama dan tidak ada salahnya menimbulkan ketidaksukaan yang sangat kuat terhadap agama, terutama jika ajaran agama itu sangat keterlaluan, irrasional, serta melanggar hak asasi manusia.

Pls48.net sendiri mengutip berita tersebut dari sadabladi.com, sebuah situs berbahasa Arab asal Maroko Shada Biladi. Dalam postingan tanggal 30/9/2013, di akhir beritanya sadabladi menulis, “Tidak mungkin bagi kami untuk memastikan kredibilitas dari berita ini dari sumber resmi.” Di bagian bawah berita itu juga disisipkan link dari situs YouTube akun Majda BenKhadda yang menampilkan video tanpa suara berisi potongan gambar berita tentang keislaman Atkinson dan gambar Mr Bean yang sedang mengacungkan jari telunjuk, yang diunggah pada tanggal 29/9/2013.

Entah mengapa kemudian yang berkembang akhirnya adalah bahwa Rowan Atkinson masuk Islam dan berita tersebut diperkuat oleh situs israellycool.

Pada posting kedua (2/10/2013) situs israellycool menegaskan bahwa mereka tidak mempercayai berita Rowan Atkinson masuk Islam. Situs pro-Zionis Israel itu bahkan menyatakan senang, karena gara-gara berita tersebut situsnya menjadi populer, banyak dikunjungi orang dan disebut dalam WikiPedia sebagai sumber berita Rowan Atkinson masuk Islam.

Di akhir artikel, israellycool mengatakan bahwa mereka berhasil mengontak agen Rowan Atkinson untuk mengkonfirmasi berita keislaman artisnya tersebut. Dalam cuplikan email (2/10/2013) bertanda tangan Lucy yang ditujukan kepada Brian of London tersebut dikatakan, “ Sejauh yang saya tahu, Rowan belum pindah masuk Islam.”

Tidak sekali-dua umat Islam dihebohkan oleh berita-berita palsu tentang keislaman tokoh-tokoh terkemuka internasional. Yang paling konyol mungkin ketika Michael Jackson dikabarkan telah masuk Islam dan menyanyikan lagu nasyid. Padahal nasyid tersebut aslinya dibawakan oleh penyanyi Muslim asal Afrika Selatan, Zain Bhikha, yang suara dan cengkoknya memang mirip mendiang Michael Jackson.*

Rep: Ama Farah
Editor: Dija

Bagikan:

Berita Terkait

Yahudi Ultra Ortodoks Paling Terdampak Pandemi Covid-19

Yahudi Ultra Ortodoks Paling Terdampak Pandemi Covid-19

Iran Kirim Bantuan Medis ke Suriah

Iran Kirim Bantuan Medis ke Suriah

Kerap Berselisih Pendapat, Trump Pecat Menlu Rex Tillerson

Kerap Berselisih Pendapat, Trump Pecat Menlu Rex Tillerson

Muslimah Pertama di Everest

Muslimah Pertama di Everest

Pria Inggris Berencana Membunuh Pangeran Charles Demi Ras Arya

Pria Inggris Berencana Membunuh Pangeran Charles Demi Ras Arya

Baca Juga

Berita Lainnya