Sekretaris Vatikan: Selibat Bisa Didiskusikan

Kata Parolin, selibat bukan dogma gereja dan dapat dibahas karena hanya merupakan tradisi.

Sekretaris Vatikan: Selibat Bisa Didiskusikan
AFP
Sekretaris Vatikan Uskup Agung Pietro Parolin.

Terkait

Hidayatullah.com–Di tengah-tengah terkuaknya kasus pelecehan seksual terhadap anak-anak yang dilakukan pastor dan pemimpin gereja di sejumlah negara dalam beberapa tahun terakhir, Sekretaris Vatikan belum lama ini mengatakan, masalah selibat yang dilakukan imam bisa dilakukan diskusi terbuka. Ucapan Sekretaris Vatikan, Uskup Agung Pietro Parolin, kemudian mengejutkan banyak umat Katolik.

“Ini bukan dogma gereja dan dapat dibahas karena hanya merupakan tradisi gereja,” kata Parolin pada El Universal, koran Venezuela, dilansir Time.

Selibat (hidup membujang) telah menjadi prinsip utama dari para pastor dan pemimpin gereja Katolik selama berabad-abad. Perintah “suci selibat” mulai ditulis tahun 304 CE (304 M).

Pernyataan Parolin dikeluarkan tak lama setelah Paus Francis mengatakan secara terbuka bahwa umat Katolik seharusnya tidak menghakimi homoseksual.*

 

Rep: Insan Kamil

Editor: Syaiful Irwan

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !