Selasa, 23 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Banjir Belum Surut, Colorado Terus Diguyur Hujan Deras

Bagikan:

Hidayatullah.com—Proses evakuasi korban banjir bandang yang melanda negara bagian Colorado, Amerika Serikat, sejak beberapa hari lalu tidak berjalan lancar, karena hujan deras terus mengguyur daerah yang saat ini masih dikepung air bah.

Banjir bandang yang meluas sampai hari Ahad (15/9/2013) telah menewaskan sedikitnya 7 orang, kata petugas. Sementara tim penyelamat yang akan memindahkan orang-orang dari daerah perbukitan Rocky Mountain ke dataran yang aman di timurlaut Colorado, semakin mengalami kesulitan.

Sekitar 1.500 rumah telah hancur dan 17.500 rumah lainnya rusak. Demikian menurut perkiraan laporan Colorado Office of Emergency Management dalam websitenya yang dikutip Aljazeera Senin (16/9/2013). [Baca juga berita sebelumnya: Ribuan warga Colorado dievakuasi akibat banjir bandang]

Sebanyak 11.700 orang telah meninggalkan rumah-rumah mereka dan total 1.253 orang tidak diketahui kabarnya, kata petugas tanggap darurat.

Empat orang di Boulder County dan satu orang di El Paso meninggal dunia. Sedangkan dua orang wanita di Larimier County dinyatakan hilang dan diduga sudah tewas.

Menurut keterangan petugas, meskipun 1.750 orang telah diamankan dari kawasan tempat tinggal dan rumah-rumah yang tersapu oleh banjir bandang, namun sejumlah kantong pemukiman masih belum bisa dijangkau petugas penyelamat.

Dua puluh helikopter militer rencananya akan dikerahkan untuk memperluas area pencarian dan penyelamatan korban dari Boulder County ke arah timur hingga Fort Morgan. Tetapi helikopter-helikopter itu masih berada di darat dan belum dapat mengudara, sebab terkendala oleh hujan deras yang masih saja hurun derasnya.

Reporter Aljazeera Jim Hooley dari Boulder di Colorado melaporkan, hari Ahad pagi hujan deras mulai turun.

Menurut lembaga pemantau cuaca AS National Weather Service, hujan tambahan yang telah turun ke tanah dan terserap serta bercampur dengan air di daratan sejak hari Rabu lalu, akan menimbulkan ancaman baru seperti banjir bandang susulan serta longsor.

Tidak hanya itu, badai dan petir serta hujan yang sangat deras sudah diperkirakan akan menghantam daerah-daerah yang saat ini sudah tergenang banjir mulai Ahad malam waktu setempat.

Presiden Barack Obama Sabtu malam menandatangani pernyataan Colorado dalam keadaan darurat bencana dan memerintahkan agar bantuan federal disalurkan ke negara bagian yang terletak di bagian tengah wilayah Amerika Serikat itu.*

Rep: Ama Farah
Editor: Dija

Bagikan:

Berita Terkait

Jumlah Penganut Kristen Turun di Inggris

Jumlah Penganut Kristen Turun di Inggris

Proyek Gerbang Makkah Dimulai

Proyek Gerbang Makkah Dimulai

Saudara Perempuan Raja Thailand Mendaftarkan Diri Jadi Kandidat Perdana Menteri

Saudara Perempuan Raja Thailand Mendaftarkan Diri Jadi Kandidat Perdana Menteri

Sejumlah Pegawai Bunuh Diri, Eks Bos dan Manager France Telecom Diadili

Sejumlah Pegawai Bunuh Diri, Eks Bos dan Manager France Telecom Diadili

Tahun 2017 Dunia Habiskan $1,7 Triliun untuk Beli Senjata

Tahun 2017 Dunia Habiskan $1,7 Triliun untuk Beli Senjata

Baca Juga

Berita Lainnya