Rabu, 24 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Internasional

Universitas Raja Abdulazis Terbaik di Kawasan Teluk

Bagikan:

Hidayatullah.com–Universitas Raja Abdulaziz mendapatkan peringkat sebagai universitas terbaik di kawasan Teluk, menurut peringkat yang disusun oleh Times Higher Asia University Rankings 2012, lansir Arab News Sabtu (17/8/2013).

Lembaga pendidikan tinggi yang terletak di kota Jeddah itu menempati urutan ke-49 di kawasan seluruh Asia. Universitas yang didirikan tahun 1967 tersebut saat ini memiliki sekitar 42.000 mahasiswa tingkat sarjana dan pascasarjana.

Times Higher Education Rankings merupakan lembaga survei pendidikan terbesar dunia, di mana tahun 2012 kajiannya mencakup hampir 17.000 lembaga.

Universitas Perminyakan dan Mineral Raja Fahd menduduki peringkat 62 Asia, diikuti oleh Universitas Raja Saud diurutan ke-77 dan Universitas Al-Ain Uni Emirat Arab pada peringkat ke-86.

Editor Timer Hifgher Education Ratings Phil Baty mengatakan, peringkat bagus yang didapatkan oleh lembaga-lembaga pendidikan di kawasan Arab menunjukkan bahwa kualitas akademis mereka sudah memiliki kualitas tinggi tingkat dunia. Hal itu menunjukkan adanya tanda investaita di bidang pendidikan tinggi dan dorongan politik guna memastikan negara tersebut berada di baris depan pengetahuan baru.

Untuk Uni Emirat Arab, menurut Baty, negara tersebut harus bekerja lebih keras jika ingin lembaga pendidikan tingginya mencapai standar tidak hanya regional tetapi juga dunia.

Di kawasan yang lebih luas, lembaga-lembaga pendidikan tinggi Turki mendominasi peringkat tinggi. Universitas Teknik Timur Tengah di Ankara mendapatkan peringkat 22 Asia. Universitas Bilkent dan Universitas Koc masing-masing ada di peringkat 28 dan 31.

Baty mengatakan, Turki memiliki posisi kuat sebagai pusat riset di kawasan Timur Tengah.

“Menurut rekan pemeringkat kami Thomson Reuters, Turki menghasilkan sekitar separuh dari riset yang dilakukan di negara-negara Timur Tengah, dengan kekuatan khusus di bidang obat-obatan,” imbuh Baty.

Sementara itu Universitas Teknologi Sharif di Iran menduduki peringkat 42. Universitas Ilmu Pengobatan Teheran di peringkat 62. Pada peringkat ke-87 ada Universitas Amerika di Beirut Libanon.

Peringkat diukur dengan melihat sejumlah faktor seperti jumlah lulusan PhD, rasio dosen-mahasiswa, serta karya ilmiah dan riset yang dihasilkan.

Secara global, universitas terbaik dunia adalah Institut Teknologi California, disusul Universitas Oxford, Universitas Stanford dan Universitas Harvard.*

Rep: Ama Farah
Editor: Dija

Bagikan:

Berita Terkait

Ahmadinejad Dapat Peringatan Keras dari Khamenei

Ahmadinejad Dapat Peringatan Keras dari Khamenei

Untuk Pertama Kali Suriah Hadiri Pertemuan Liga Arab

Untuk Pertama Kali Suriah Hadiri Pertemuan Liga Arab

Program Angkutan Umum Makkah Diresmikan

Program Angkutan Umum Makkah Diresmikan

Warga Amerika Tidak Puas dengan Kandidat Capresnya

Warga Amerika Tidak Puas dengan Kandidat Capresnya

Tidak Percaya Covid-19, Demonstran Barcelona Serang Polisi Menentang Lockdown

Tidak Percaya Covid-19, Demonstran Barcelona Serang Polisi Menentang Lockdown

Baca Juga

Berita Lainnya