Road For Peace

Mantan Wakil PM Malaysia Dukung Perdamaian di Patani-Rohingya

Bantuan terus mengalir

Mantan Wakil PM Malaysia Dukung Perdamaian di Patani-Rohingya
KIBLAT.NET
Anwar Ibrahim (baju merah muda)

Terkait

Hidayatullah.com– Perjalanan Tim Road For Peace (R4PEACE) dikejutkan dengan kedatangan Mantan Wakil Perdana Menteri Malaysia, Datuk Sri Anwar Ibrahim. Tokoh politik negeri jiran ini menemui R4PEACE di Masjid Jamek Sembilang, Pulau Pinang, Sabtu (13/07/2013) sore jelang Maghrib.

Kepada para wartawan termasuk dari Jurnalis Islam Bersatu (JITU) yang ikut dalam rombongan, Anwar Ibrahim menyatakan dukungannya atas misi perdamaian R4PEACE untuk Patani, Thailand Selatan dan Rohingya, Myanmar.

“Dalam kesempatan itu, Anwar Ibrahim turut berbuka bersama dengan tim R4PEACE dan jamaah Masjid Jamek Sembilang,” demikian dilaporkan anggota JITU Desastian kepada hidayatullah.com dan para wartawan dalam pers rilisnya, Ahad (14/7/2013).

Masih di Masjid Sembilang, lapornya, tim R4PEACE mendapat bantuan untuk umat Islam di Patani dan Myanmar. Bentuknya berupa uang sebesar RM 5.500 dari  Kerajaan Negeri Pulau Pinang, diwakili oleh Yang  Berhormat (parlemen dari Partai Keadilan Rakyat) Tuan Haji Abdul Rosyid bin Hasman.

Usai Shalat Maghrib, tim R4PEACE bergerak menuju Sungai Patani untuk menerima bantuan kemanusiaan dari Puncak Selera SDN BHD, sebuah perusahaan makanan kemasan kaleng “Kedah Best”. Bantuannya berupa kemasan kaleng buah-buahan sebanyak delapan kotak, diserahterimakan oleh General Manager Puncak Selera SDN BHD Mohd Johar bin Jahaya kepada Ketua Tim R4PEACE.

Abu Abdillah dari Hilal Ahmar Society Indonesia (HASI) dalam sambutannya pada kesempatan itu mengatakan, jihad harta dan jiwa adalah hal yang tak bisa dipisahkan.

“Mereka yang tidak peduli dengan urusan umat Islam bukan bagian dari umat Muhammad SAW,” ujarnya.

Tempuh Jalan Darat

Dilaporkan oleh Desastian sebelumnya pada hari ketiga, Sabtu (13/07). Usai Shalat Subuh, rombongan R4PEACE bergerak ke arah Masjid  Syah Alam, Selangor, guna pelepasan konvoi. Tim gabungan Non Government Organisation (NGO/LSM) kemanusiaan se-ASEAN ini menempuh jalur darat dengan iring-iringan kendaraan roda dua. Turut serta para relawan dari Forum Indonesia Peduli Suriah (FIPS).

Sesuai jadwal, rombongan masuk Patani melalui Perak, Pulau Pinang dan Kedah. Usai ifthar (berbuka puasa), Shalat Maghrib, Isya dan  Tarawih berjamaah di Masjid Seberang Jaya, Pulau Pinang, tim kemudian bermalam di Kedah.

“Dikabarkan, jarak tempuh dari Selangor, Malaysia menuju Patani, Thailand Selatan hingga perbatasan Myanmar mencapai sekitar 1959 kilometer,” lapor Desastian.*

Rep: Muhammad Abdus Syakur

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !