Senin, 15 Februari 2021 / 3 Rajab 1442 H

Internasional

PBB Apresiasi Pangeran Nayif Atas Bantuannya untuk Palestina

Bagikan:

Hidayatullah.com—Perserikatan Bangsa-Bangsa hari Jumat (28/6/2013) memberikan penghargaan untuk Pangeran Nayif atas dukungannya terhadap proyek-proyek pembangunan di Palestina dan mengatakan bahwa mendiang pangeran mahkota Arab Saudi itu akan dikenang dengan jasanya di bidang kemanusiaan.

Berbicara di New York, Sekjen PBB Ban Ki-moon menyampaikan “apresiasinya sepenuh hati” kepada para pemimpin Arab Saudi.

“Dukungan finansial mereka membuat perbedaan konkrit bagi kehidupan ratusan keluarga Palestina, memperbaiki kondisi masyarakat dan berkontribusi dalam perdamaian, keamanan dan stabilitas,” kata Ban dikutip Arab News.

Ban mempersembahkan penghargaan “Outstanding Donor Award for the Special Human Settlements Program for the Palestinian People” kepada wakil tetap Saudi untuk PBB Abdallah al-Mualimi, seraya mengatakan bahwa mendiang Pangeran Nayif akan selalu dikenang atas komitmen kemanusiaannya dan amalnya di seluruh dunia.

Ketika masih hidup Pangeran Nayif merupakan pengawas umum Komite Saudi untuk Bantuan Kemanusiaan Rakyat Palestina dan pengawas umum kampanye kemanusiaan nasional bagi rakyat Palestina di Jalur Gaza.

Kampanye kemanusiaan di Saudi untuk Palestina memberikan dana USD17 juta kepada UN-Habitat Special Human Settlements Program for the Palestinian. Menurut PBB, sumbangan itu merupakan donasi terbesar yang pernah diberikan kepada lembaga yang berada di bawahnya itu.

Ban menjelaskan, Pangeran Nayif sangat memperhatikan program UN-Habitat yang menyediakan tempat tinggal bagi rakyat Palestina.

Di Hebron, Tepi Barat, Ban mencatat pemerintah Arab Saudi memberikan sumbangan untuk berbagai program seperti pelatihan kerja dan keterampilan khusus, penyediaan rumah tinggal serta pelatihan bagi para wanita awam agar bisa memiliki penghasilan bagi keluarganya.

Di Gaza, Proyek Rekonstruksi Pangeran Nayif telah membangun sedikitnya 100 rumah baru dengan konsep ramah lingkungan bagi keluarga Palestina di Gaza non-pengungsi, yang rumahnya hancur akibat serangan militer Zionis Israel.

Al-Mualimi mengatakan, dirinya sangat terhormat karena bisa mewakili Pangeran Nayif menerima penghargaan tersebut.

Dia mengatakan, Arab Saudi telah memperluas bentuk bantuannya bagi rakyat Palestina melalui berbagai program dan organisasi regional serta internasional.

Arab Saudi merupakan negara donor terbesar di dunia bagi pembangunan kembali rumah-rumah rakyat Palestina yang hancur akibat serangan Zionis Israel.*

Rep: Ama Farah
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Penjahat Perang Eks Jenderal Kroasia-Bosnia Minum Racun di Sidang Vonis

Penjahat Perang Eks Jenderal Kroasia-Bosnia Minum Racun di Sidang Vonis

Daratan Belanda Cepat Tenggelam Akibat Perubahan Iklim

Daratan Belanda Cepat Tenggelam Akibat Perubahan Iklim

Buku Memoar Bush Ditengarai Hasil Jiplakan

Buku Memoar Bush Ditengarai Hasil Jiplakan

Turki akan Memulai Operasi di Suriah jika AS Tunda Rencana Zona Aman

Turki akan Memulai Operasi di Suriah jika AS Tunda Rencana Zona Aman

Aset 2 Tokoh Al Ikhwan Mesir Dicairkan

Aset 2 Tokoh Al Ikhwan Mesir Dicairkan

Baca Juga

Berita Lainnya