Jum'at, 22 Oktober 2021 / 16 Rabiul Awwal 1443 H

Internasional

Katolik AS Luncurkan Saluran Berita malam dari Washington DC

Bagikan:

Hidayatullah.com–The Eternal Word Television Network (EWTN) akan menjadi salah satu operasi penyiaran agama terbesar di dunia, segera hadir di Washington pada musim panas ini dengan memulai siaran berita malam setiap hari.

Siaran langsung setengah jam, yang dijadwalkan akan mulai bulan depan, merupakan langkah besar bagi perusahaan siaran Katolik, yang dilakukan melalui renungan, talkshow, Misa dan program pendidikan agama termasuk Ekaristi.

Dengan menanam saham di Washington – dengan berkantor di dekat Capitol Hill – EWTN berharap akan meningkatkan performanya terkait isu-isu agama menyatu dengan isu-isu publik: aborsi, kontrasepsi, penelitian sel induk, imigrasi, hukuman mati, terorisme dan penindasan orang Kristen di luar negeri .

“Ini adalah pilihan yang dilakukan di antara berbagai hal,” kata Michael P. Warsawa, presiden dan kepala eksekutif EWTN. “Kami berharap kehadiran EWTN berdampak pada para pembuat kebijakan,” tambahnya dikutip UCANews.

Pakar media itu mengatakan EWTN akan mengisi kekosongan, karena tidak ada program TV berita harian lainnya yang melayani sekitar 75 juta umat Katolik di Amerika Serikat.

“EWTN memiliki banyak orang yang akan terlibat, dan mereka memiliki tugas yang berbeda,” kata John L. Allen Jr, otoritas Vatikan dan koresponden senior untuk National Catholic Reporter.

Jaringan ini hampir seluruhnya didanai oleh sumbangan dari para audiens yang berkomitmen dan dalam beberapa tahun terakhir EWTN telah membeli sebuah surat kabar Katolik dan terakhir menambah stasiun radio.

Sasaran audiens untuk siaran tersebut, kata Warsawa, adalah umat Katolik yang melihat media sekuler turun drastis dalam mempublikasikan pandangan Gereja tentang politik, hubungan internasional, isu-isu sosial dan konflik di dalam Gereja.

Tapi, Warsawa mengatakan tujuan dari program ini, yang akan menampilkan wawancara dengan para pemimpin politik, Gereja dan budaya, juga akan menarik “siapa pun dalam kerangka moral dan etika terkait pembahasan isu-isu aktual.”

Siaran berita bebas dari komersial ini, yang dijadwalkan mulai 29 Juli, akan meniru gaya berita di CBS, NBC dan ABC. Berita-berita akan disaring melalui “lensa Katolik.”

Pembawa acara EWTN Nightly News adalah Colleen Carroll Campbell, seorang jurnalis berusia 38 tahun dan menulis pidato Presiden George W. Bush dan awal tahun ini ia melaporkan langsung untuk televisi EWTN tentang Konklaf dari Vatikan.

Campbell mengatakan ia berharap mewakili perspektif wanita yang sering “berkomitmen dengan iman mereka dan tidak melihatnya sebagai hambatan untuk menjadi vokal di depan publik.”

Dia menambahkan, “terlalu sering ada karikatur wanita Katolik sebagai sekelompok domba.”
Ia mengatakan upaya akan dilakukan untuk menunjukkan pemirsa bagaimana iman Katolik mereka dapat menghubungkan mereka dengan isu-isu seperti berbagai konflik di luar negeri, kemiskinan dan gesekan budaya.*

Rep: Panji Islam
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

The Economist: Riyadh Lebih Aman Dibanding Jakarta

The Economist: Riyadh Lebih Aman Dibanding Jakarta

Erdogan Serukan Negara Muslim untuk Bersatu Sebelum Terlambat

Erdogan Serukan Negara Muslim untuk Bersatu Sebelum Terlambat

Venezuela Buat Pemukiman ala Yahudi

Venezuela Buat Pemukiman ala Yahudi

Hakim Quebec Tolak Sidangkan Gugatan Muslimah karena Berjilbab

Hakim Quebec Tolak Sidangkan Gugatan Muslimah karena Berjilbab

Kejaksaan Israel Perintahkan Penyelidikan Kriminal Atas PM Netanyahu

Kejaksaan Israel Perintahkan Penyelidikan Kriminal Atas PM Netanyahu

Baca Juga

Berita Lainnya