Senin, 20 September 2021 / 12 Safar 1443 H

Internasional

Bugil ala Femen, Gadis Tunisia Ditangkap

Bagikan:

Hidayatullah.com—Setelah beberapa bulan bersembunyi, gadis Tunisia yang menanggalkan pakaiannya untuk melakukan protes meniru kelompok feminis asal Ukraina, Femen, akhirnya ditangkap pihak berwenang dengan tuduhan melakukan “tindakan provokatif.”

Amina Tyler, 19, ditangkap di pusat kota Kairouan, Tunisia, pada hari Ahad (19/5/2013) dengan tangan diborgol.

Tyler sebelumnya mengaku sebagai anggota kelompok feminis Femen, yang menggunakan aksi bugil dalam protesnya, lansir Al-Arabiya (21/5/2013).

Para saksi mengatakan, dia diduga menorehkan tulisan “Femen” di tembok dekat masjid terbesar setempat dan berniat menggantung spanduk di tembok itu, sebelum akhirnya sekelompok orang memergokinya dan menyuruhnya pergi.

Dalam rekaman video yang diunggah situs Nawaat, Tyler dengan rambut cepak disemir blonde terlihat memegang spanduknya dan dibawa pergi dengan mobil oleh polisi, sementara orang-orang ramai mengejarnya.

Jurubicara Kementerian Dalam Negeri Tunisia, Muhammad Ali Aroui, menyebut apa yang dilakukan Tyler sebagai tindakan provokatif dan gadis itu sedang menjalani pemeriksaan. Wanita muda itu bisa jadi dijerat hukum akibat tindakannya hari Ahad kemarin.

Pada bulan Maret lalu, Tyler memajang foto telanjangnya yang bertuliskan “tubuhku adalah milikku” dengan dandanan menor dan memegang sebatang rokok. Dia memiliki sejumlah foto serupa lainnya. Akibat tindakan bejatnya itu, Tyler dikecam banyak orang, sehingga keluarga mengirimnya ke rumah kerabat di luar ibukota, sebelum gadis itu kabur sembunyi bersama teman-temannya.

Satu bulan kemudian Tyler berusaha untuk pergi meninggalkan Tunisia.

Teman-teman feminisnya dalam jaringan Femen pun melakukan aksi solidaritas dengan melancarkan kampanye “Bebaskan Amina”.

Kampanye anti-islam oleh feminis itu pun mendapat aksi balasan dari wanita Muslim di seluruh dunia yang menggunakan berbagai situs jejaring sosial lewat kampanye #MuslimahPride.*

Rep: Ama Farah
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Tahanan Demonstran Suriah Mencapai 30 Ribu Orang

Tahanan Demonstran Suriah Mencapai 30 Ribu Orang

Jamaah Al Islamiyyah Mesir Ajukan Calon Presiden

Jamaah Al Islamiyyah Mesir Ajukan Calon Presiden

Virgina AS Hapus Hukuman Mati

Virgina AS Hapus Hukuman Mati

Israel Benar-Benar Takut Islam Berkuasa di Mesir

Israel Benar-Benar Takut Islam Berkuasa di Mesir

Pipa Gas Iran-Turki Meledak, Diduga Dibom Separatis Kurdi PKK

Pipa Gas Iran-Turki Meledak, Diduga Dibom Separatis Kurdi PKK

Baca Juga

Berita Lainnya