Selasa, 23 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Kardinal O’Brien Lama Terlibat Hubungan Homoseksual

Bagikan:

Hidayatullah.com—Keith O’Brien, pensiunan kardinal dan pemimpin tertinggi umat Katolik Roma di Inggris Raya, memiliki hubungan “fisik homoseksual” lama dengan salah satu orang yang mengadukannya ke Vatikan, sehingga karirnya sebagai rohaniwan berakhir.

Dilansir The Independent Kamis (21/3/2013), berdasarkan laporan koran The Herald, O’Brien mengakui hubungan itu setelah belum lama ini ada sejumlah pengaduan ke Vatikan tentang perilaku seksualnya terhadap para pendeta di tahun 1980-an.

Koran tersebut mengatakan, lamanya hubungan homoseksual O’Brien menjelaskan mengapa kardinal berusia 75 tahun itu mengatakan minta maaf atas kiprahnya selama menjadi pendeta, uskup dan kardinal, ketika meminta maaf awal bulan Maret ini dan mengakui bahwa “perilaku seksualnya” telah jatuh di bawah standar yang diharapkan darinya.

Diyakini bekas pendeta, yang mengadukan O’Brien dan pernah terlibat hubungan seks semasa jenis dengan pemuka Katolik Roma Inggris, itu sekarang tinggal di luar Skotlandia. Baca berita sebelumnya; Sebelum Pergi Benediktus XVI Paksa Kardinal Inggris Mundur dan Kardinal Dilaporkan Mencabuli Juniornya.

Laporan media terbaru ini semakin menambah tekanan atas O’Brien –yang sebelum mundur berteriak lantang menentang homoseksual– untuk menjelaskan kepada publik tentang pengunduran dirinya sebagai kardinal terkait tuduhan skandal seksual di lingkungan gereja yang dipimpinnya.

O’Brien mundur dari gereja setelah didesak oleh Paus Benediktus XVI sebelum pemimpin Tahta Suci Vatikan itu resmi meletakkan jabatannya karena faktor kesehatan akhir Februari lalu. Tetapi O’Brien tidak pernah menjelaskan apapun tentang tudingan miring yang ditujukan kepadanya.

Menurut The Herald, pria yang menjalin hubungan homoseksual dengan O’Brien itu diketahui masih melakukan hubungan telepon rutin dengan pensiunan kardinal itu hingga belum lama ini. Dan pria tersebut yang merupakan seorang bekas pendeta Katolik, sering mengunjungi St Benets, tempat kediaman resmi O’Brien di daerah Morningside, Edinburg, Skotlandia.*

Rep: Ama Farah
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Mantan Tawanan Guantanamo Bertemu di Inggris

Mantan Tawanan Guantanamo Bertemu di Inggris

Hosni Mubarak Berlabuh di Sharm el-Sheikh

Hosni Mubarak Berlabuh di Sharm el-Sheikh

Uni Emirat Arab dan Bermuda Masuk Daftar Hitam Tax Haven Uni Eropa

Uni Emirat Arab dan Bermuda Masuk Daftar Hitam Tax Haven Uni Eropa

Jumlah Pencari Suaka Dunia Bertambah

Jumlah Pencari Suaka Dunia Bertambah

Mahasiswa Penyerang Al-Azhar Divonis Penjara 17 Tahun

Mahasiswa Penyerang Al-Azhar Divonis Penjara 17 Tahun

Baca Juga

Berita Lainnya