Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Asia Punya Lebih Banyak Milyuner Dibanding Benua Lain

Bagikan:

Hidayatullah.com—Asia punya lebih banyak milyuner dibanding benua lain, begitu menurut survei yang dilakukan sebuah majalah di China yang dirilis hari Kamis (28/2/2013).

Pada Januari 2013, terdapat 1.453 orang di seluruh dunia yang memiliki kekayaan pribadi lebih dari US$1 milyar, kata Hurun Report, majalah pemerhati kekayaan yang membuat laporan tersebut.

Menurut Hurun, Asia memiliki 608 orang milyuner, Amerika Utara 440 orang dan Eropa 324 orang. Ini untuk pertama kalinya Asia memiliki jumlah orang kaya lebih banyak menandingi Amerika Utara.

Dalam daftar terbaru orang kaya susunan majalah Amerika Forbes Maret tahun 2012, di kawasan Asia-Pasifik terdapat 315 orang milyuner, bandingkan dengan Amerika Utara yang memiliki 450 orang milyuner dan 310 orang milyuner di Eropa.

Berdasarkan individu asal negara, Amerika Serikat dan China menduduki puncak daftar orang kaya yang disusun Hurun dengan jumlah masing-masing berturut-turut 408 dan 317 orang. Disusul kemudian oleh Rusia, Jerman dan India.

Raja telekomunikasi asal Meksiko Carlos Slim, 73, menjadi orang terkaya di planet bumi dengan nilai kekayaan mencapai US$66 milyar. Tahun lalu, Slim juga menempati urutan teratas daftar Forbes.

Investor AS Warren Buffet berada di tempat kedua dalam daftar orang kaya menurut Hurun Report, diikuti oleh Amancio Ortega asal Spanyol pendiri industri fashion merek Zara. Kekayaan masing-masing keduanya mencapai US$58 milyar dan US$55 milyar.

Investor Hong Kong Li Ka-shing menduduki urutan ketujuh dengan kekayaan US$32 milyar.

“Di China kita menyaksikan urbanisasi besar-besaran dan itu yang menciptakan banyak kekayaan menumpuk,” kata Rupert Hoogewerf, ketua dan pimpinan peneliti di Hurun kepada AFP.

Zong Qinghou, pimpinan pabrik minuman ringan Wahaha, dan Wang Jialin developer properti Wanda, adalah dua orang China yang berhasil masuk daftar 100 orang terkaya dunia.

Hurun Report memperkirakan total kekayaan para milyuner dunia mencapai US$5,5 trilyun, hampir sama dengan nilai perekonomian Jepang tahun lalu.

Tahun lalu, aset sepuluh orang terkaya bertambah 22 persen sepanjang tahun, atau sama dengan US$250 juta setiap harinya.

Real estat, telekomunikasi, media dan teknologi, serta ritel merupakan bidang usaha yang secara umum menjadi sumber kekayaan para milyuner itu.

Moskow menjadi kota milyuner terbanyak dibanding kota lain di dunia dengan jumlah 76 orang, mengalahkan New York, Hong Kong, Beijing dan London.*

Rep: Ama Farah
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Saudi Janjikan Bantuan $3 Milyar untuk Militer Libanon

Saudi Janjikan Bantuan $3 Milyar untuk Militer Libanon

Partai Komunis Usul Kompensasi Bagi Gereja Ceko Dipajak

Partai Komunis Usul Kompensasi Bagi Gereja Ceko Dipajak

Erdogan akan Bela Demonstran jika Militer Mesir Menyerang

Erdogan akan Bela Demonstran jika Militer Mesir Menyerang

Aparat Turki Tangkap Pemimpin Sekte, Harun Yahya

Aparat Turki Tangkap Pemimpin Sekte, Harun Yahya

Anak-Istri Bin Ladin Segera Dipulangkan Malam ini

Anak-Istri Bin Ladin Segera Dipulangkan Malam ini

Baca Juga

Berita Lainnya