Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Ketua DPR RI dan Rektor Al-Azhar Bahas Asrama Mahasiswa Indonesia

Kunjungan Ketua DPR RI di Mesir
Bagikan:

Hidayatullah.com—Hari Kamis (o6/12/12), Ketua DPR RI Marzuki Alie, didampingi Duta Besar RI untuk Mesir, Nurfaizi Suwandi, dan beberapa anggota DPR RI menemui Rektor universitas al-Azhar, Usamah el-Abd guna membahas mengenai kelanjutan proyek pembangunan asrama untuk mahasiswa Indonesia di Mesir yang terletak di dalam kawasan kampus al-Azhar.

Dalam pertemuan yang dilakukan setelah meninjau lokasi dibangunnya empat gedung asrama itu Ketua DPR RI berkomitmen untuk melancarkan proses pembangunan asrama yang saat ini sedang berjalan.

“Kami akan berusaha untuk menyukseskan pembangunan asrama mahasiswa Indonesia ini dan berharap dapat datang kembali ke Mesir untuk meresmikannya,” tutur Marzuki Alie di depan Rektor al-Azhar.

Dalam keterangannya, Duta Besar RI Nurfaizi Suwandi menjelaskan bahwa Indonesia merencanakan untuk membangun delapan belas gedung asrama. Saat ini, untuk tahap pertama telah dimulai pembangunan empat gedung beserta satu bangunan yang difungsikan untuk dapur umum.

“Pengecoran pondasi untuk empat gedung sedang dilakukan,” tegas Dubes.

Namun demikian Dubes RI menjelaskan bahwa dana yang dibutuhkan secara keseluruhan untuk membangun empat gedung tersebut masih belum terpenuhi, sehingga masih perlu mendapat komitmen dan dukungan dari berbagai pihak, terutama pemerintah pusat dan  pemerintah daerah.

Menurut Atase Pendidikan KBRI Kairo, Prof. Dr. Sangidu, M.Hum, yang hadir memandu jalannya pertemuan tersebut, keberadaan mahasiswa Indonesia yang berjumlah lebih dari 4000 orang yang saat ini tersebar di berbagai penjuru di Mesir perlu mendapat perhatian yang serius, agar mereka dapat menuntut ilmu dengan baik dan segera lulus lalu kembali ke tanah air untuk mengabdikan diri membangun Indonesia.

Seperti diketahui, selain menemui Rektor al Azhar, Ketua DPR RI  juga telah bertemu  Presiden Mesir Muhammad Mursy. Dalam kesempatan itu Marzuki juga berjanji untuk membawa para pengusaha Mesir ke Indonesia dalam kunjungannya yang direncanakan pada awal tahun 2013.

Selain itu, dalam kapasitasnya sebagai Ketua Parlemen negara-negara OKI Marzuki Alie juga menjalankan tugasnya untuk bertemu dan berdiskusi dengan parlemen negara-negara OKI, seperti Mesir.

Dalam lawatannya ke Mesir dan Palestina, Marzuki Alie bertemu dengan  Ketua Majelis Syura Mesir, Ahmed Fahmi, Perdana Menteri Mesir, Hisyam Qindil, dan Perdana Menteri Palestina, Ismail Haniya.*/M Nur Salim, Mesir

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Terlibat Perdagangan Anak, Pimpinan Oposisi Niger Divonis Penjara

Terlibat Perdagangan Anak, Pimpinan Oposisi Niger Divonis Penjara

Adly Mansour Pamitan, Al-Sisi akan Dilantik Hari Ahad

Adly Mansour Pamitan, Al-Sisi akan Dilantik Hari Ahad

Generasi Milenial China Kekurangan Jam Tidur

Generasi Milenial China Kekurangan Jam Tidur

Polisi Anti-Teror Turki Serbu Kantor IHH, 2 Komandannya Dicopot

Polisi Anti-Teror Turki Serbu Kantor IHH, 2 Komandannya Dicopot

“Nabi Palsu Melayu” Dipenjara 10 Tahun

“Nabi Palsu Melayu” Dipenjara 10 Tahun

Baca Juga

Berita Lainnya