Pemilu 2012 Menunjukkan Amerika Semakin Liberal

Dan pemilu 2012 ini pelanggaran atas tabu yang selama ini dipatuhi masyarakat semakin luas diterabas

Pemilu 2012 Menunjukkan Amerika Semakin Liberal

Terkait

Hidayatullah.com—Pemilihan umum di Amerika Serikat yang baru berakhir lebih dari sekedar tentang Gedung Putih dan Capitol Hill (parlemen). Rakyat Amerika berbondong-bondong menuju tempat pemungutan suara dan memberikan pilihan mereka, dengan hasil mengindikasikan bahwa Amerika Serikat jauh lebih liberal dari yang dipikir kebanyakan orang, tulis Euronews (07/11/2012).

Maine dan Maryland membuat sejarah dengan menjadi dua negara pertama yang menyetujui perkawinan homoseksual lewat pemungutan suara rakyat, memecah kekalahan di 30 negara bagian lain di mana rancangan undang-undang perkawinan homoseksual tidak mendapat dukungan.

Perkawinan sesama jenis sudah legal di enam negara bagian lain dan juga Washington DC, tetapi legalisasi itu merupakan hasil keputusan parlemen dan pengadilan, bukan pilihan rakyat.

Hasil pemilihan umum terabaru ini menunjukkan untuk pertama kalinya bahwa Amerika mendukung persamaan perkawinan. Dan di Wisconsin, politisi Demokrat Tammy Baldwin terpilih menjadi anggota Senat wanita lesbian pertama yang mengakui kelainan orientasi seksualnya secara terbuka.

Kecenderungan seksual Baldwin yang menyimpang itu nyaris tidak pernah diungkap selama kampanye politiknya. Dan setelah mendapat kemenangan dia berkata bahwa dirinya mencalokan diri sebagai anggota Senat bukan untuk membuat sejarah –sebagai wanita lesbian pertama yang menjadi legislator– melainkan untuk melakukan perubahan.

Kandidat incumbent Barack Obama berhasil menjaring suara pemilih wanita dalam pemilu 2012 ini. Tetapi para wanita itu memilihnya lebih sebagai upaya untuk membela kepentingan mereka sendiri, di mana anggota Senat sekarang naik pesat selama sejarah AS menjadi 20%. Angka itu sedikit di bawah Prancis yang menggunakan sistem pemilu yang sama.

Tanda lain adalah adanya perubahan di tubuh Senat di mana calon asal Partai Republik dukungan kelompok Tea Party bernama Ted Cruz adalah politisi Hispanik pertama yang mewakil Texas. Perlu diketahui bahwa Partai Republik dikenal lebih konservatif ketimbang Demokrat dan Tea Party adalah kelompok suporter Republik yang dikenal konservatif, cenderung rasis dan sangat anti-Islam.

Disamping itu, dinasti politikus AS terkemuka Kennedy kembali menempatkan salah satu anggota keluarga besar mereka di Capitol Hill, setelah vakum sejak kematian adik laki-laki John F Kennedy (JFK), Ted Kennedy, pada tahun 2009. Pemilu terbaru ini mengantarkan Joe Kennedy III, cucu keponakan JFK, menjadi anggota House of Representatif (DPR AS) untuk daerah perwakilan Distrik ke-4 Massachusetts.

Lewat referendum pula negara bagian Washington dan Colorado menjadi negara bagian pertama yang menyetujui penggunaan ganja untuk tujuan rekreasional. Mariyuana sudah diperbolehkan untuk tujuan medis di daerah lain di Amerika.

Tidak diragukan lagi bahwa tahun pemilihan umum 2008, di mana Obama terpilih sebagai presiden AS kulit hitam pertama, memang pemilu yang historis dalam sejarah negara Amerika Serikat. Namun pada saat yang sama, sejumlah tabu dalam masyarakat sejak itu banyak yang diterobos. Dan pemilu 2012 ini pelanggaran atas tabu yang selama ini dipatuhi masyarakat semakin luas diterabas.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !