Amerika Kedatangan Sampah Tsunami Jepang

Awalnya sampah tsunami dari Jepang diperkirakan akan mencapai pantai barat Amerika Utara pada tahun 2013.

Amerika Kedatangan Sampah Tsunami Jepang

Terkait

Hidayatullah.com—Sampah-sampah dari bencana tsunami di Jepang tahun lalu telah mendarat di pantai barat Amerika Serikat. Warga Oregon bergotong-royong membersihkan sampah-sampah yang hanyut menyeberangi Samudera Pasifik Utara itu.

Sebanyak 25 orang relawan berkumpul di Teluk Yaquina, Oregon, untuk memunguti sampah-sampah tersebut. Mereka terdiri dari mahasiswa, pensiunan, peselancar serta penduduk setempat.

Wartawan BBC dari Oregon melaporkan (9/10/2012), awalnya sampah tsunami dari Jepang diperkirakan akan mencapai pantai barat Amerika Utara pada tahun 2013. Namun, ternyata puing-puing itu sudah mulai menepi di pesisir Amerika Serikat sejak April 2012. Selain di Oregon, sampah tsunami Jepang ditemukan di Alaska, British Columbia, Washington dan juga California.

Oregon menempatkan 32 tong sampah berukuran besar di pesisir pantainya untuk menampung barang-barang hanyut dari Jepang.

“Ini mengingatkan apa yang terjadi, ini bukan sampah. Ini adalah barang-barang milik warga, mata pencaharian orang dan bagian dari rumah orang,” kata Sandy Heyden, penduduk setempat yang menjadi relawan. Ia berharap ada lebih banyak orang yang bersedia menjadi relawan.

Awal bulan Juni 2012, pantai Agate di Oregon kedatangan potongan dermaga dari Jepang seberat 132 ton. Potongan dok itu (lihat gambar) diyakini berasal dari Misawa, Jepang, yang porak-poranda akibat tsunami yang terjadi Maret 2011.

Sementara di salah satu pantai Ilwaco di Washington terdampar potongan perahu sepanjang 20 kaki.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !