Kamis, 25 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Internasional

Amerika Dukung Intervensi Militer di Mali Perangi Kelompok Islam

Bagikan:

Hidayatullah.com–Seorang pejabat senior Amerika Serikat menegaskan, Senin (01/10/12), bahwa negaranya siap mendukung intervensi militer yang akan dipimpin oleh negara-negara Afrika di bagian utara Mali, dalam rangka untuk memerangi kelompok Islam yang dicurigai terkait dengan al-Qaidah.

Dilansir Islammemo (01/10/12), Johnnie Carson, pejabat tertinggi untuk urusan Afrika di Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat mengatakan, “Harus ada suatu aksi militer terhadap al-Qaeda di negara Magrib Islam, yang menguasai bagian utara Mali.”

Terkait dengan hal ini, Perdana Menteri Mali, Syaikh Modibo Diarra menghimbau negara-negara Barat, terutama Prancis, untuk melakukan intervensi militer di bagian utara Mali dengan mengirimkan jet tempur dan pasukan khusus. Hal ini ia sampaikan dalam wawancaranya dengan surat kabar Le Monde.

Perdana Menteri Mali mengatakan, “Masyarakat internasional pasti yakin pentingnya untuk bergerak, dan untuk Perancis agar membuat langkah pertama.”

Dia menambahkan, “Pada hari ini di mana pasukan internasional melakukan intervensi, dan sementara kami membutuhkan menggunakan dimensi ketiga, maka bagi pesawat jet tempur Prancis mungkin bisa melakukan intervensi. Dan jika Prancis mau, maka pasukannya dapat bergabung dengan pasukan kami, apapun yang akan terjadi.”

Diarra juga menjelaskan bahwa tujuan utamanya adalah agar masyarakat internasional, terutama Prancis, Amerika Serikat dan Inggris, mempersiapkan intervensi terhadap negaranya dengan bersih dan cepat.*

Rep: Ahmad Sadzali
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Perwira Penembak Warga Palestina itu Hanya Turun Pangkat

Perwira Penembak Warga Palestina itu Hanya Turun Pangkat

Dubes Amerika untuk Korsel Terluka Kena Sabetan Pisau Nasionalis Korea

Dubes Amerika untuk Korsel Terluka Kena Sabetan Pisau Nasionalis Korea

Larangan Sunat ala Islam dan Yahudi di Koln Jerman

Larangan Sunat ala Islam dan Yahudi di Koln Jerman

Sri Lanka akan Larang Burqa dan Tutup lebih dari 1.000 Sekolah Islam

Sri Lanka akan Melarang Burqa dan Menutup lebih dari 1.000 Sekolah Islam

Enggan Gunakan Kerudung,  Calon Presiden Prancis Batal Bertemu Mufti Libanon

Enggan Gunakan Kerudung, Calon Presiden Prancis Batal Bertemu Mufti Libanon

Baca Juga

Berita Lainnya