Selasa, 2 Maret 2021 / 19 Rajab 1442 H

Internasional

Yesus Menikah, Rohaniwan Kristen Tak Percaya

Kemesraan Yesus dan Mary Magdalene kerap menjadi tema lukisan.
Bagikan:

Hidayatullah.com”Gospel of Jesus’ Wife” yang menunjukkan bahwa Yesus memiliki isteri, tidak membuat kalangan Kristen terkejut, bahkan banyak yang menilai, kutipan yang tertera dalam papirus kuno itu adalah palsu, lansir Christian Post (20/9/2012)

Albert Mohler, presiden The Southern Baptist Theological Seminary, menyebut hal itu sebagai upaya terselubung untuk membuat sensasi oleh ilmuwan.

“Sebuah koran Inggris mengatakan bahwa klaim tentang Yesus yang menikah kelihatannya lebih berharga bagi para penggemar karya fiksi Dan Brown, The Da Vinci Code, ketimbang profesor Harvard betulan. Jika sobekan [papirus] itu asli, maka keberadaan dokumen kecil itu akan menjadi pusat perhatian para sejarawan masa kini. Tetapi ini, kegilaannya justru digembar-gemborkan melalui media.”

Isi sobekan papirus kuno itu diungkap oleh profesor Karen King dari Harvard Divinity School. Lembaran kecil tersebut memuat delapan baris kalimat yang tidak lengkap dalam bahasa Koptik.

King, yang mendapatkannya dari seorang kolektor pribadi, mengatakan papirus itu berasal dari abad keempat masehi. Tidak ada yang diketahui seputar penemuan benda itu, yang ditengarai ditemukan dalam ekskavasi di daerah Mesir Atas.

Kata-kata dalam papirus kuno yang menjadi pusat perhatian itu berbunyi, “Yesus berkata kepada mereka, ‘Isteri saya…’”

King menegaskan bahwa kalimat itu tidak membuktikan bahwa Yesus menikah. Itu hanya membuktikan bahwa di era awal Kristen sudah ada perdebatan mengenai apakah Yesus menikah atau tidak.

Sean McDonough, profesor Perjanjian Baru di Gordon-Conwell Theological Seminary, kepada Christian Post mengatakan bahwa publikasi tentang isi papirus itu hanyalah bagian dari rangkaian sensasi seputar sejarah Bibel.

Dr. Christian Askeland, seorang pakar manuskrip Koptik, mengatakan bahwa para pakar spesialis Nag Hammadi dan manuskrip kuno lainnya sangat meragukan keaslian dari sobekan papirus itu. Mereka bahkan curiga benda kuno itu palsu.

“Saya belum pernah bertemu orang yang mendukung keasliannya, meskipun demikian saya tidak meragukan bahwa pasti ada yang asli,” katanya dalam blog pribadinya.

Mohler yakin, tujuan dari orang-orang yang berada dibelakang publikasi papirus kuno yang mengindikasikan bahwa Yesus menikah adalah usaha untuk menggoyahkan kepercayaan orang pada Kitab Perjanjian Baru.

Sedangkan McDonough mengatakan, kalaupun papirus itu asli, maka kalimat yang mengisyaratkan bahwa Yesus punya isteri harus berhadapan dengan 4 Bibel yang selama ini dipercaya umat Kristen, di mana satupun tidak ada yang menyatakan Yesus punya isteri.

Dalam novel karya Dan Brown disebutkan bahwa Yesus menikah dengan Mary Magdalene –salah satu murid Yesus– dan memiliki keturunan. Rahasia keturunan Yesus itu dijaga ketat oleh Knights Templar yang melindungi anak-keturunan Yesus dari orang-orang yang ingin mencelakainya, termasuk dari gereja yang tidak ingin terbongkar kebohongannya bahwa mereka tahu Yesus punya isteri dan anak, karena hal itu akan meruntuhkan wibawa gereja dan Bibel.*

Rep: Ama Farah
Editor: Dija

Bagikan:

Berita Terkait

Tawafa Dirikan Tenda Tahan Api untuk Jamaah Non-Afrika

Tawafa Dirikan Tenda Tahan Api untuk Jamaah Non-Afrika

Keluarga Uighur yang Kehilangan Anggota Keluarga Gunakan TikTok untuk Publikasikan Penahanan China

Keluarga Uighur yang Kehilangan Anggota Keluarga Gunakan TikTok untuk Publikasikan Penahanan China

Muslim Austria Minta Libur Hari Raya sebagaimana Katolik

Muslim Austria Minta Libur Hari Raya sebagaimana Katolik

Rakyat Libya anggap Bush Pendukung Kejahatan

Rakyat Libya anggap Bush Pendukung Kejahatan

Bekas Presiden Amerika George Bush Senior Dirawat di Ruang Intensif

Bekas Presiden Amerika George Bush Senior Dirawat di Ruang Intensif

Baca Juga

Berita Lainnya