Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Al Azhar Kecam Kartun Nabi Buatan Charlie Hebdo

Bagikan:

Hidayatullah.com—Penerbitan kartun Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam oleh mingguan Prancis Charlie Hebdo dikecam oleh Al Azhar, Mesir, Rabu (19/9/2012).

Pimpinan Al Azhar Syeikh Ahmad At-Thayyib menyatakan, “lembaganya dan umat Islam sangat menentang kengototan penerbitan Prancis itu untuk mencetak karikatur yang menghina Islam dan nabinya, nabi bagi seluruh umat manusia.”

Tindakan semacam itu yang menyulut kebencian atas nama kebebasan harus sepenuhnya ditolak, kata Syeikh At-Thayyib. “… Kebebasan harus dihentikan saat di mana kebebasan itu sudah melanggar kebebasan orang lain,” tegasnya dalam pernyataan yang dimuat kantor berita pemerintah Mesir MENA dan dikutip Al Arabiya (19/9/2012).

Sebelumnya pada hari Sabtu, Syeikh At-Thayyib menyeru agar diberlakukan larangan internasional atas semua bentuk serangan terhadap Islam, setelah film “Innocence of Muslim” ditayangkan.

Dalam pernyataan yang ditujukan kepada Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Ban Ki-moon itu, pimpinan Al Azhar menekankan perlunya larangan internasional atas segala bentuk serangan terhadap simbol-simbol agama Islam dan menetapkan bahwa serangan terhadap simbol agama seperti itu sebagai tindakan kriminal, karena dapat menyulut dan memprovokasi perdamaian dan keamanan internasional.*

Rep: Ama Farah
Editor: Dija

Bagikan:

Berita Terkait

Warga Belanda Dukung Kerudung Ratu

Warga Belanda Dukung Kerudung Ratu

Anglikan Desak Uskup Gay Minta Maaf

Anglikan Desak Uskup Gay Minta Maaf

Anonymous Bakal Gelar OpGTMO, Siapa Ikut?

Anonymous Bakal Gelar OpGTMO, Siapa Ikut?

Wanita Dilarang  Menyetir, Amerika Ikut Campur

Wanita Dilarang Menyetir, Amerika Ikut Campur

Hillary Clinton Konfirmasi Tak Maju Capres AS 2020

Hillary Clinton Konfirmasi Tak Maju Capres AS 2020

Baca Juga

Berita Lainnya