Kamis, 25 Maret 2021 / 12 Sya'ban 1442 H

Internasional

Israel Rayu Sineas Dunia Syuting Film di Al Quds

Woody Allen
Bagikan:

Hidayatullah.com–Upaya Zionis Israel untuk menguasai kota suci Al Quds tidak hanya dilakukan dengan senjata dan perang demografi, tetapi juga lewat jalur budaya. Zionis ingin memperkenalkan kepada dunia bahwa Al Quds bagian dari negara Yahudi lewat film kelas dunia.

”Presiden Peres selalu mendorong produser dan sutradara untuk datang dan membuat film di Israel,” kata seorang staf dari kantor Presiden Israel Shimon Peres yang tidak mau disebutkan namanya kepada AFP.

“Saat Presiden Peres bertemu Woody Allen di New York Maret tahun lalu, masalah itu dikemukakan dan ia mendorong Woody Allen untuk datang dan membuat film di sini,” imbuh orang tersebut, tulis AFP (17/7/2012).

Apa yang diinginkan Peres itu sejalan dengan keinginan Walikota Yerusalem Nir Barkat.

Jurubicara Barkat mengatakan bahwa walikot Zionis itu sendiri bercengkrama dengan Allen dan Diane Keaton untuk mengajak mereka ke Al Quds (Yerusalem).

“Walikota bertemu dengan Woody Allen beberapa bulan lalu di sebuah restoran di Manhattan bersama Diane Keaton,” kata jurubicara walikota Barak Cohen.

“Ia mengajaknya ke Israel, dan juga mengatakan kepada Woody bahkan kami akan sangat senang jika ia membuat film di Yerusalem dan akan memfasilitasinya sebaik mungkin jika datang ke sini,” jelas Cohen.

Cohen mengatakan, tujuan membujuk Woody Allen membuat film di Al Quds adalah bagian dari rencana besar untuk menarik para produser dan sutradara membuat film di kota itu.

“Bukan hanya penting untuk menunjukkan keindahan dan apa adanya Yerusalem ke seluruh dunia, tetapi tercatat pula secara baik dalam sejarah bahwa film membuat nama-nama tempat di seluruh dunia menjadi dikenal,” kata Cohen.

Cohen menyadari bahwa dana pembuatan film yang disediakan pemerintah Zionis di Al Quds yang mencapai USD400.000 sepertinya tidak akan mencukupi anggaran rata-rata pembuatan film oleh Woody Allen. Tetapi ia yakin, insentif pajak dan kemudahan memperoleh peralatan dan fasilitas dapat menarik perhatian Allen. Dan Barkat berencana akan menindaklanjutinya dengan mengundang para sineas di Amerika Serikat untuk membuat film di Al Quds.

“Pesan yang kami terima dangat jelas bahwa hal ini sedang dipertimbangkan,” kata Cohen optimis.

“Sebelum akhir tahun kami akan kembali lagi dan kami akan duduk bersama untuk membicarakan langkah maju selanjutnya,” imbuh Cohen *

Rep: Ama Farah
Editor: Dija

Bagikan:

Berita Terkait

Meski Pandemi, Minat pada Pariwisata Halal Tetap Meningkat

Meski Pandemi, Minat pada Pariwisata Halal Tetap Meningkat

Pemimpin Hamas Nyaris Terbunuh

Pemimpin Hamas Nyaris Terbunuh

Terkontaminasi Covid-19, China Hentikan Impor Makanan Beku 109 Negara

Terkontaminasi Covid-19, China Hentikan Impor Makanan Beku 109 Negara

Raja Salman Perintahkan Tangkap Seorang Pangeran yang Lakukan Kekerasan pada Warga

Raja Salman Perintahkan Tangkap Seorang Pangeran yang Lakukan Kekerasan pada Warga

Eks Bos Atletik Dunia Divonis 4 Tahun Penjara karena Korupsi

Eks Bos Atletik Dunia Divonis 4 Tahun Penjara karena Korupsi

Baca Juga

Berita Lainnya