17 Tahun Pembantaian Atas Muslim di Bosnia

Masih ada sekitar 7.000 mayat pembantaian Srebenica yang harus diidentifikasi.

17 Tahun Pembantaian Atas Muslim di Bosnia
Penguburan kembali korban Pembantaian Srebrenica di Potocari 11/7/2012.

Terkait

Hidayatullah.com—Rabu 11 Juli 2012 Muslim Bosnia mengenang pembantaian besar atas keluarga mereka oleh tentara salib Serbia 17 tahun silam.

Sebanyak 520 mayat korban pembantaian Srebrenica yang baru berhasil diidentifikasi dikuburkan kembali dalam peringatan tahun ini.

Sekitar 30.000 orang datang ke tugu peringatan Perang Bosnia di Potocari untuk mengikuti upacara pemakaman. Kebanyakan dari mereka adalah keluarga korban, lapor Euronews.

Masih ada sekitar 7.000 mayat pembantaian Srebenica yang harus diidentifikasi. Pekerjaan ini tidak mudah, karena pasukan Serbia di Bosnia berusaha menghilangkan jejak pembantaian yang mereka lakukan dengan mengubur ribuan korban di sejumlah kuburan massal yang tidak diberi tanda.

Pembantaian Srebrencia, merupakan satu-satunya genosida yang diakui terjadi dalam perang di Bosnia selama tahun 1992-1995 oleh Mahkamah Internasional.

Dalam Pembantaian Srebenica ribuan pria dan anak laki-laki Muslim dipisahkan dari warga perempuan, lalu dibantai secara sistematis oleh tentara Kristen Serbia. Sekitar 15.000 orang lainnya berhasil menyelamatkan diri dari kejaran tentara Serbia dengan lari ke hutan-hutan dan bukit-bukit. Korban selamat menceritakan, perburuan itu terjadi lebih dari 10 hari.

Sebelum mengenang Pembantaian Srebrenica, sekitar 3.000 orang melakukan napak tilas menyusuri jalur pelarian para Muslim Bosnia dengan berjalan kaki sepanjang 110 kilometer.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !