Jum'at, 26 Maret 2021 / 12 Sya'ban 1442 H

Internasional

Berpelukan di Pantai, Uskup Argentina Mengundurkan Diri

Bagikan:

Hidayatullah.com–Paus Benediktus XVI telah menerima pengunduran diri seorang uskup Argentina yang terlibat dalam skandal, setelah pemuatan foto di surat kabar yang menunjukkan dia merangkul seorang wanita di pantai Meksiko.

Uskup Fernando Bargallo, 57, awalnya mengatakan, si pirang berbikini yang tertangkap dalam pelukan mesra dengannya adalah teman masa kecil dan ia bersikeras menyatakan “masih mengabdi untuk Tuhan”.

Dia kemudian dipaksa untuk mengakui telah memiliki “hubungan asmara” dengan perempuan itu, seorang janda cerai dari pemilik restoran.

Seperti dimuat laman International Business Times, Rabu (27/6/2012), Bargallo telah bertugas di Keuskupan Merlo-Moreno, di Provinsi Buenos Aires sejak Mei 1997. Skandal itu mencuat ketika satu stasiun televisi Argentina menyiarkan foto-foto dirinya saat berlibur di pantai di suatu resort di Meksiko.

Bargallo mengakui, situasi itu “tidak bijaksana” karena bisa menyebabkan orang mengambil kesimpulan yang salah, dan ia mengampuni si pengambil gambar.

Tapi kemudian ia memutuskan untuk menyampaikan pengunduran dirinya kepada Paus.
Skandal itu menimbulkan pertanyaan atas larangan Gereja Katolik tentang perkawinan bagi para imam.

Paus Benediktus telah membantah klaim bahwa pengekangan nafsu telah membangkitkan sejumlah skandal seks, dan menyebutkan bahwa hidup selibat tetap penting bagi para imam.

Paus bahkan mengeluarkan kecaman pada April lalu, mengkritik beberapa pastor Austria yang pada 2011 menyampaikan ” ketidaktaatan religius” untuk mengakhiri hidup selibat imam.

Pengunduran diri Bargallo dan perubahan sejumlah personel diumumkan oleh Vatikan, sebelum Paus pergi berlibur ke Kastel Gandolfo, kediaman musim panas kepausan di perbukitan di selatan Roma.
Benediktus juga mengizinkan Kardinal William Levada, penggantinya di Kongregasi untuk Keyakinan, pensiun pada usia 76. Dia diganti Kardinal Tarcisio Bertone, 77 tahun, sekretaris Vatikan.

Bertone terlibat dalam skandal atas dokumen Vatikan yang bocor, yang disebutkan berniat melemahkan kekuasaan Paus.*

Keterangan foto: Uskup Fernando Bargallo.

Rep: Ama Farah
Editor: Syaiful Irwan

Bagikan:

Berita Terkait

Leon Panetta Bicara Hubungan Militer dengan Indonesia

Leon Panetta Bicara Hubungan Militer dengan Indonesia

Tunisia Ekstradisi Mantan PM Libya

Tunisia Ekstradisi Mantan PM Libya

Uni Emirat Patok Harga Barang Bulan Ramadhan

Uni Emirat Patok Harga Barang Bulan Ramadhan

Warga Madrid Diminta Tidak Melakukan Perjalanan Tidak Penting

Warga Madrid Diminta Tidak Melakukan Perjalanan Tidak Penting

Jeruk Australia Juga Dipalsukan di China

Jeruk Australia Juga Dipalsukan di China

Baca Juga

Berita Lainnya