Dompet Dakwah Media

Tidak Ada Pembantaian Muslim Srebrenica!

Presiden Serbi yang baru mengatakan pembantaian Srebrenica bukan genosida, melainkan keahatan perang biasa.

Tidak Ada Pembantaian Muslim Srebrenica!

Terkait

Hidayatullah.com—Baru satu hari menduduki kursi jabatannya, presiden baru Serbia Tomislav Nikolic telah memicu ketegangan di kawasan Balkan dengan mengatakan bahwa pembantaian di Srebrenica tahun 1995 bukanlah sebuah genosida.

“Kita bukan saja tidak dapat mengatakan bahwa ini telah direncanakan sebelumnya, tetapi juga bahwa apa yang terjadi bukanlah merupakan tindakan genosida,” kata Nikolic, dikutip Euronews (2/6/2012).

Komentar Nikolic itu tentu berseberangan dengan pengakuan dunia internasional bahwa pembunuhan atas lebih dari 8.000 pria dan anak laki-laki Muslim Bosnia di Srebrenica tahun 1995 merupakan suatu upaya pembasmian etnis dan layak disebut sebagai genosida.

“Sebuah kejahatan besar terjadi di Srebrenica, yang dilakukan oleh segelintir orang Serbia atas sebagian anggota masyarakat Serbia. Kita harus menemukannya, mengadili mereka dan menghukum mereka. Itu saja. Tidak perlu hal ini menimbulkan konflik antara orang Serbia dan Kroasia atau orang Serbia dan Bosnia. Hal ini tidak boleh mempengaruhi hubungan antara negara kita, rakyat kita.”

Nikolic mengatakan, kejahatan yang terjadi ketika itu hanyalah “kejahatan perang” semata.*

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Dukung Kami, Agar kami dapat terus mengabarkan kebaikan. Lebih lanjut, Klik Dompet Dakwah Media Sekarang!

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik:

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !