Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Intip Negara Lain, AS Luncurkan Satelit

Bagikan:

Hidayatullah.com—Amerika Serikat berhasil meluncurkan sebuah satelit seharga jutaan dolar ke angkasa dari suatu daerah di pinggiran Los Angeles. Namun, pemerintahnya masih menolak untuk berkomentar tentang misi peluncuran rahasia itu, lansir Russia Today, Rabu (04/04/2012).

Sebuah roket Delta IV diluncurkan dari pangkalan udara Vandenberg Air Force di bagian barat California hari Selasa (03/04/2012), sebagai bagian dari misi untuk mendukung kerja National Reconnaissance Office, salah satu dari 16 dinas intelijen Amerika Serikat.

NRO secara rutin mengatur satelit-satelit pengintai dan peralatan ruang angkasa lainnya untuk pemerintah Amerika Serikat. Dan meskipun misi terbaru ini masih tertutup, diperkirakan peluncuran itu adalah untuk mengorbitkan satelit mata-mata AS guna memantau negara lain.

Para analis yang berbicara kepada Associated Press (AP) memperkirakan, roket Delta diluncurkan untuk mengorbitkan satelit canggih berteknologi radar tinggi, yang dapat mengirimkan gambar dengan jelas negara yang diintipnya baik saat malam hari maupun cuaca buruk.

Jim Sponnick, wakil presiden perusahaan kontraktor dan pembuat Delta IV United Launch Alliance, mengucapkan selamat kepada NRO pekan ini atas peluncuran terbarunya, yang disebut Sponnick “sangat penting untuk keamanan dalam negeri.”

“ULA bangga telah mendukung misi ini dan mengerahkan kemampuan pentingnya bagi para pria dan wanita yang membela kemerdekaan kita di seluruh dunia,” kata Sponnick dalam rilis persnya.

Meskipun belum ada keterangan dari pemerintah federal, namun menurut pernyataan sepihak ULA, misi itu dirancang sebagai NROL-25 dan “untuk mendukung pertahanan nasional.”

Kepada AP pakar kebijakan ruang angkasa Charles Vick menambahkan bahwa Amerika Serikat beberapa tahun terakhir meningkatkan jumlah peluncuran satelit mata-mata, dan peluncuran Delta IV yang terakhir ini merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kemampuan intelijen AS.

Meskipun sudah banyak satelit yang diluncurkan, pengorbitan terakhir baru-baru ini bukan misi terakhir. NRO berencana akan melucurkan empat satelit tambahan serupa yang juga bersifat rahasia.

Menurut situs Astonautix, peluncuran sebuah roket Delta IV untuk mengorbitkan satelit memakan biaya sekitar USD250 juta satu tahun lalu. Itu hanya untuk biaya peluncuran dan faktor terkaitnya, belum termasuk harga satelit dan pemeliharaannya.*

Rep: Ama Farah
Editor: Dija

Bagikan:

Berita Terkait

Dilanda Krisis Baru Pasca Tukar Tawanan

Dilanda Krisis Baru Pasca Tukar Tawanan

Menlu Sudan: Israel dibalik Krisis Darfur

Menlu Sudan: Israel dibalik Krisis Darfur

Imbangi Pemberitaan, Komunitas Muslim Sydney Luncurkan Saluran TV Islam

Imbangi Pemberitaan, Komunitas Muslim Sydney Luncurkan Saluran TV Islam

Zionis-Israel Larang Syeikh Ikrimah Sabri Memasuki Masjid Al-Aqsha selama Empat Bulan

Zionis-Israel Larang Syeikh Ikrimah Sabri Memasuki Masjid Al-Aqsha selama Empat Bulan

Turki Siapkan Sanksi untuk Suriah

Turki Siapkan Sanksi untuk Suriah

Baca Juga

Berita Lainnya