Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Bintang “Ketika Cinta Bertasbih” Kunjungi Negeri Kelantan

Bagikan:

Hidayatullah.com–Oki Setiana Dewi, salah satu pemeran film “Ketika Cinta Bertasbih” (KCB) baru-baru ini bertandang ke salah satu negeri Malaysia, Kelantan.

Kehadirannya di Kelantan Trade Centre (KTC),  Jumat (09/03/2012) malam itu ditunggu ribuan penggemar. Mayoritas adalah anak-anak muda.

Oki memulai kata-kata yang sangat menyentuh hati penggemar di negeri jiran tersebut.

“Pertama kali aku datang ke Kelantan, lantas aku jatuh cinta pada Tok Guru, seorang yang luar biasa, zuhud dan sentiasa merendah diri,” ujarnya. Tok Guru, adalah panggilan akrab Tuan Guru Haji Nik Aziz Nik Mat, Gubernur Kelantan yang sangat berpengaruh.

Tentu saja,  pujian Oki tersebut disambut gemuruh.

Bagi warga Muslim Kelantan, tidak menyangka Oki  benar-benar seorang artis film dan sinetron. Tentu saja karena  penampilannya  tidak seperti mayoritas  artis-artis lain  yang sering membua aurat. Sebaliknya Oki Setiana Dewi justru menutup penuh tubuhnya dengan balutan kain dan jilbabnya. Jilbab dan baju warna unggu yang dipakai malam itu dinilai menambah kecantikannya.

“Oki memakai jilbab bukan disebabkan ingin menghadiri acara “Bicara Selebriti” yang diprakarsasi Kerajaan Negeri Kelantan, di Kota Bharu, tapi Oki mengaku mengenalkan jilbab sejak usia 16 tahun dan sebelum menjadi bintang film KCB,” tutur Oki malam itu.

Ketika usianya 16 tahun, ia bertekad ingin menjadi seorang wanita yang sholehah , meskipun ia menyadari ilmu agamanya sangat minim ketika itu. Meski demikian, telah tertanam dalam hati nuraninya satu perasaan bahwa perjalanan hidupnya kini menuju Allah Subhanahu Wata’ala. Memakai kerudung adalah satu perintah agama,  untuk menjaga keselamatan wanita,  justru menurutnya, tak ada alasan untuk  Muslimah mengingkarinya.

Sehingga jika datang keinginan untuk melakukan hal-hal yang ditentang agama, ia teringat kerudung yang dipakainya, lantas tak jadi melakukannya. Kata Oki yang ketika itu tinggal di Batam, Riau bersama orangtuanya ini.

Menurutnya, memakai kerudung dalam usia muda pastinya banyak godaan. Pernah orang bertanya, “Kenapa sih kamu pakai kerudung, bukankah itu pakaian Arab?” Oki lantas menjelaskan, bahwa apa yang dikenakannya bukan pakaian Arab tapi pakaian Islam sebagaimana diwajibkan bagi para Muslimah ujar Oki di acara malam itu.

Mengakhiri  acara “Bicara Selebriti” Oki mendeklamasi sebuah puisi terkait dengan pengalamannya selama 4 hari di Kelantan dan kesempatannya berjumpa dengan Menteri Besar Tuan Guru Nik Abdul Aziz  Nik Mat di kediaman resmi Tok Guru, di JKR 10.

Negeri Kelantan Seindah Namamu
Tanah Serendah Sekebun Bunga
Negeri Tadahan Wahyu
Cik Siti Wan Kembang
Cukup indah namamu
Seindah negerimu
Duhai
Wajahmu nan indah
Persis Jeddah
Yang pernah ku lewati
Taat menjunjug al-Quran
Teguh menggalas syariat
Yang tidak pernah goyah
 Tersentuh hati kudus ku
Lantaran aku di sini
Biar tidak pernah ku duga
Bertemu seorang ulama’
Yang dicintai rakyatnya

Lalu…
Kuntum rindu yang lama tersimpan
Terubat jua akhirnya
Biar sekelumit Cuma
 Beruntung rakyatnya
Menumpang teduh seorang ulama’
Yang lembut… tapi tegas beribadat
Yang pengasih…namun tidak goyah
Pada percikkan kealpaan dunia
Pasti aku merindui mu lagi
Entah kapan bisa diobati
Cuma setitis doa bisa ku titip buatmu
Moga sejahtera selamanya
Memacu
Membangun Bersama Islam
Moga kita bertemu kembali

Selama berada di Kelantan, Oki juga meluncurkan buku novel terbaru selepas  novel pertama “Melukis Pelangi” di Perpustakaan Negeri Kelantan. Oki juga menghadiri kuliah mingguan Tok Guru di Medan Ilmu, Kota Bharu.*/Rossem, Kelantan

Foto: Oki Setiasana Dewi bersama Menteri Besar Kelantan, Tuan Guru Haji Nik Abdul Aziz Nik Mat di Kota Bharu, Kelantan/Rossem

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Turki Usir Dubes Israel

Turki Usir Dubes Israel

Anggota Hamas Tewas dalam Pertempuran dengan Fatah

Anggota Hamas Tewas dalam Pertempuran dengan Fatah

Anwar Ibrahim Diperkirakan akan Bebas Hari Rabu Ini

Anwar Ibrahim Diperkirakan akan Bebas Hari Rabu Ini

Turki akan Selalu Dukung Palestina

Turki akan Selalu Dukung Palestina

Ratusan Orang Tenggelam dalam Kecelakaan Kapal Penyelundup Migran di Laut Tengah

Ratusan Orang Tenggelam dalam Kecelakaan Kapal Penyelundup Migran di Laut Tengah

Baca Juga

Berita Lainnya