Dompet Dakwah Media

Kibarkan Bendera Israel, Pria Maroko Divonis Penjara

Jadidi ditangkap dan divonis atas dakwaan menodai kesakralan bendera nasional. Di Indonesia, bendera Israel malah dibiarkan!

Kibarkan Bendera Israel, Pria Maroko Divonis Penjara

Terkait

Hidayatullah.com–Pengadilan Maroko hari Jumat (02/03/2012) menghukum penjara enam bulan seorang pria karena mengibarkan bendera Israel di rumahnya sehingga mengundang protes masyarakat setempat dan pihak berwenang pun bertindak.

Menurut Al Arabiya yang mengutip media lokal, Muhammad Jadidi, 42 tahun, mengambar bendera Israel di atas kain putih dan mengibarkannya di atas bagian depan rumahnya, yang terletak di sekitar bandara di kota Nador tempat kebanyakan suku Amazigh (Berber) bermukim.

Jadidi dikabarkan nekat melakukan hal tersebut setelah diputusnya aliran air dan listrik ke sebuah rumah milik Pasukan Pendukung, yang dikuasai keluarganya sejak kematian ayah mereka seorang veteran paramiliter.

Pasukan Pendukung merupakan pasukan tambahan bagi militer, gendarmerie dan polisi jika diperlukan.

Jadidi yang ditangkap pada hari Senin pekan lalu, divonis atas dakwaan menodai kesakralan bendera nasional Maroko dengan mengibarkan bendera asing.

Ibunya, dalam rekaman video yang beredar di situs-situs Maroko, memohon kepada Raja Maroko Muhammad VI agar membebaskan putranya itu. Ia berkata, alasan Jadidi mengibarkan bendera Israel di rumahnya hanya untuk menarik perhatian para pejabat agar memperhatikan kondisi keluarganya.

“Zionis” di Indonesia

Sementara itu di Indonesia, negara yang sepanjang sejarahnya selalu mendukung perjuangan rakyat Palestina dan tak memiliki hubungan diplomatis dengan  Israel (di mana komitmen ini ditegaskan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam pembukaan Parliamentary Union of the Organization of Islamic Cooperation ke-7 di Palembang 31/01/2012,  di mana SBY menyerukan agar mendukung Palestina masuk PBB), justru pengibaran bendera Israel kerap terjadi.

Beberapa waktu lalu,  sebagaimana dilaporkan TribunNews.com (13/05/2011), Ketua Komunitas Yahudi Indonesia, Unggun Dahana, mengumumkan terang-terangan kegiatan perayaan HUT Israel dengan kegiatan pengibaran bendera dan menyanyikan lagu kebangsaan Israel bersama teman-temannya.

Kasus serupa terjadi di sejumlah daerah di Indonesia, seperti di Manado dan sekitarnya, serta Papua.*

Keterangan foto: Sejumlah pemuda di Papua berunjuk rasa sambil mengibarkan Bendera Israel, Bintang Daud. Di Papua. Jumat (13/05.2011) Sejumlah Pemuda melakukan pawai dalam menyambut HUT Israel. Sabtu (14/05/2011) (Andre Papua).[TribunNews.com]

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Dukung Kami, Agar kami dapat terus mengabarkan kebaikan. Lebih lanjut, Klik Dompet Dakwah Media Sekarang!

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !