Ikhwan Akan Pilih Presiden Berlatar Belakang Islam

Partai An-Nur, milik Salafy belum menentukan calon presidennya

Ikhwan Akan Pilih Presiden Berlatar Belakang Islam

Terkait

Hidayatullah.com—Al Ikhwan al Muslimun, salah satu partai yang kini  berpengaruh di Mesir menginginkan calon presiden Mesir dari “latar belakang Islam”, demikian disampaikan Dr Muhammad Badie dalam sebuah pernyataan terbaru. Komentar ini sekaligus menepis dukungannya bagi seorang liberal terkemuka seperti Amr Moussa dalam pemilihan presiden mendatang.

Al Ikhwan memenangkan kursi lebih banyak dari partai lain dalam pemilihan parlemen terakhir dan kemampuan untuk mobilisasi pemilih akan menjadi aset dalam putaran pertama pemilihan presiden Mesir.

Mohamed Badie mengatakan hari Selasa (21/02/2012) dalam sambutannya yang dipublikasikan kemarin bahwa kelompoknya akan mendukung calon presiden, tetapi belum memutuskan siapa orangnya.

“Calon yang kami mendukung tidak akan menjadi kandidat yang termasuk dalam gerakan Islam tertentu, atau kita akan berjalan sendiri,” kata Badie dalam wawancara dengan surat kabar Kebebasan dan Keadilan, Koran internal Ikhwan. Yang jelas menurutnya, “calon harus memiliki latar belakang Islam”, demikian dikutip Gulf News.

“Ikhwanul Muslimin akan mempelajari program dari semua kandidat dan menyusun daftar singkat,” ujar Badie. “Pada akhirnya, kelompok dewan penasehat akan memutuskan untuk mendukung salah satu kandidat secara khusus,” jelasnya.

Di antara kelompok Islam yang ingin maju mencalonkan diri adalah Abdul Monim Abol Fotoh. Menurut Syeikh Yusuf Al-Qaradhawi, seorang ulama Mesir yang berbasis di Qatar, menejelaskan, Abol Fotoh sebagai yang terbaik dari para kandidat yang muncul sejauh ini. Selain itu ada calon lain seperti Hazem Saleh Abu Ismail, yang berencana mewajibkan jilbab jika menang.

Sementara partai milik Salafy  an-Nur, yang menduduki posisi kedua dalam pemilihan parlemen, belum mengatakan siapa yang akan duduk di kursi kepresidenan. 

Para kandidat presiden Mesir akan mendaftarkan diri pada 10 Maret mendatang meskipun tanggal pemilihan belum ditetapkan. Dewan jenderal yang berkuasa mengatakan mereka akan menyerahkan kekuasaan kepada pemimpin baru pada akhir Juni 2012.*

Rep: Panji Islam

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !