Sabtu, 4 Desember 2021 / 29 Rabiul Akhir 1443 H

Internasional

Rusia dan Lebanon Akan Absen pada Konferensi Kerabat Suriah

Bagikan:

Hidayatullah.com–Lebanon dan Rusia mengumumkan, Selasa (21/2), bahwa mereka tidak akan berpartisipasi dalam konferensi Kerabat Suriah yang dijadwalkan pada hari Jum’at depan di Tunisia. Sedangkan Cina dikabarkan masih dalam pertimbangan menerima undangan konferensi tersebut atau tidak. Demikian dilaporkan Al-Jazeera.

Beirut beralasan bahwa mereka tetap konsisten dengan kebijakan “menjauhkan diri” dari krisis di Suriah. Sementara itu Moskow menilai bahwa tujuan dari konferensi tersebut tidak jelas.

Keputusan Beirut tersebut disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Lebanon Adnan Mansur dalam wawancara via telpon dengan televisi Lebanon. Adnan mengatakan bahwa dirinya menerima undangan dari rekannya di Tunisia Rafik Abdus Salam, untuk berpartisipasi dalam Konferensi Internasional Kerabat Suriah pada 24 Februari mendatang.

Adnan menjelaskan, keputusan Lebanon tersebut mengikuti kebijakannya yang menjaga jarak dari krisis di Suriah. Lebanon sendiri telah menjauhkan diri dari semua keputusan Liga Arab terhadap Suriah.

“Sejalan dengan kebijakan menjauhkan diri tersebut, maka kami tidak dapat berpartisipasi dalam konferensi di Tunisia,” tuturnya.

Lebih lanjut dia menambahkan, “Ini adalah sikap Lebanon, dan bukan sikap pribadi. Sikap kita jelas, yaitu tidak mau ikut campur dalam urusan Suriah dan urusan internal.”

Konferensi Kerabat Suriah yang dimotori oleh kekuatan Barat dan Liga Arab tersebut berusaha untuk mencapai kesepakatan internasional tentang cara mengakhiri kekerasan di Suriah. Selain itu juga untuk menekan Presiden Suriah Bashar Al-Assad mundur dari kekuasaannya.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton dijadwalkan juga akan hadir pada konferensi itu.*

Rep: Ahmad Sadzali
Editor: Syaiful Irwan

Bagikan:

Berita Terkait

Masjid Terbesar di Aljazair Digarap China

Masjid Terbesar di Aljazair Digarap China

PBB: Jutaan Orang di Eropa Minum Air Terkontaminasi

PBB: Jutaan Orang di Eropa Minum Air Terkontaminasi

Gubernur Makkah Tetapkan Jumlah Mahar untuk Gadis dan Janda

Gubernur Makkah Tetapkan Jumlah Mahar untuk Gadis dan Janda

Menlu Inggris  Tulis Artikel Bela Pendahulunya Dirikan ‘Israel’

Menlu Inggris Tulis Artikel Bela Pendahulunya Dirikan ‘Israel’

Pembantu Senior Trump, Kushner, Akan Mengunjungi Arab Saudi dan Qatar

Pembantu Senior Trump, Kushner, Akan Mengunjungi Arab Saudi dan Qatar

Baca Juga

Berita Lainnya