Sabtu, 4 Desember 2021 / 28 Rabiul Akhir 1443 H

Internasional

Selama 2011, Lebih 500 Tentara Koalisi Tewas di Afganistan

Bagikan:

Hidayatullah.com–Situs iCasualties.Org, lembaga independen pemantau jumlah tentara koalisi mengatakan sekurangnya 539 tentara internasional telah tewas tahun ini di Afghanistan.

Bom pinggir jalan menewaskan tiga tentara NATO di Afghanistan timur. NATO mengatakan tentara tersebut tewas hari Selasa. Koalisi tidak memberi rincian lain atau kebangsaan tentara itu.

Angka 539 itu merupakan penurunan dari tahun 2010, ketika lebih dari 700 tentara NATO tewas di Afghanistan. Demikian dikutip Voice of Amerika (VoA).

Masih 2014

Sementara itu, Panglima tentara Amerika di Afghanistan Jenderal John Allen mengisyaratkan Amerika masih mungkin mempertahankan kehadiran militer di negara itu setelah jadwal penarikan tentara Amerika tahun 2014.

Dalam wawancara yang diterbitkan harian New York Times edisi Rabu Jenderal Allen mengatakan perundingan dengan presiden Afghan yang dikenal boneka Amerika, Hamid Karzai hampir dapat dipastikan akan mencakup situasi setelah tahun 2014. Menurutnya hal ini akan melibatkan sejumlah penasihat, pelatih dan spesialis intelijen.

Sementara itu, jurubicara Kementerian Mohammad Zahir Azimi hari Rabu mengatakan, Afghanistan mencapai kemajuan dalam melatih tentara dan jumlah tentara Afghanistan sekarang 180.000 orang. Ditambahkan, dengan 240.000 tentara yang ditargetkan. Bagaimanapun, kehadiran tentara Amerika dan sekutunya telah menyusahkan kehidupan warga Afghanistan.*

Foto: Danny Chen, tentara Amerika yang tewas dalam misi di Afghanistan terpasang di kendaraan yang mengangkut jenasahnya ke tempat pemakaman di New York/AP

Rep: Panji Islam
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

vaksin-covid-19-gaza

Peru Pesan 23 Juta Dosis Vaksin Covid-19

Pemimpin Katolik Pakistan Mengutuk Pembakaran al-Quran

Pemimpin Katolik Pakistan Mengutuk Pembakaran al-Quran

Rabi: Zionis Harus Belajar dari Suriah Cara Menjagal Musuh

Rabi: Zionis Harus Belajar dari Suriah Cara Menjagal Musuh

Pengadilan HAM PBB: Lula da Silva Berhak Maju Capres Brazil

Pengadilan HAM PBB: Lula da Silva Berhak Maju Capres Brazil

Jeff Bezos: Suatu Hari Amazon akan Bangkrut

Jeff Bezos: Suatu Hari Amazon akan Bangkrut

Baca Juga

Berita Lainnya